Kutu Kasur Menyukai Pakaian Kotor

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Oct 2017 06:00 WIB
kesehatan kulit
Kutu Kasur Menyukai Pakaian Kotor
Studi menunjukkan bahwa ketika ada manusia di sekitarnya, kutu kasur akan secara aktif mencari tempat tinggal baru. (Foto: Finn Hackshaw/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berdasarkan studi terbaru, kutu kasur tertarik pada pakaian yang kotor. Menjaga pakaian kotor dari lantai bisa membantu penyebarannya dari satu tempat ke tempat lain. 

Kutu kasur bisa menimbulkan kerugian baik itu ketika Anda sedang berada di hotel atau di rumah. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa saat ini kutu kasur semakin sulit dibunuh berkat adanya resistensi terhadap insektisida.

Salah satu cara yang mungkin bisa menjadi penyebaran serangga-serangga kecil tersebut ialah melalui bagasi atau pakaian yang disimpan dalam bagasi.



(Baca juga: Begini Cara Memeriksa Kutu Kasur yang Buat Gatal Kulit Anda)

William Hentley, PhD, seorang peneliti dari University of Sheffield menyebutkan bahwa kutu kasur tertarik pada bau manusia dan mereka bisa merasakan lebih dari 100 bahan kimia berbeda yang biasanya ada pada kulit manusia.

Untuk menguji apakah kutu kasur tertarik pada bau manusia melalui pakaiannya, Hentley dan rekan-rekannya melakukan percobaan dengan meletakkan empat tas jinjing di laboratorium berukuran kamar tidur bersama dengan wadah terbuka berisi kutu kasur.



Benar saja, setelah beberapa hari kemudian terbukti bahwa kutu kasur dua kali lebih tertarik pada tas dengan pakaian kotor daripada pakaian bersih. 

Studi tersebut menunjukkan bahwa ketika ada manusia di sekitarnya, kutu kasur akan secara aktif mencari tempat tinggal baru. Tapi yang lebih penting adalah, penelitian ini menunjukkan bahwa jika sebuah hotel atau ruangan terdapat pakaian kotor atau terdapat tumpukan pakaian kotor dapat mengundang kutu kasur untuk bersarang. 











(TIN)