5 Herbal yang Baik Dikonsumsi Penderita Gangguan Jantung

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 02 Nov 2017 15:18 WIB
kesehatan
5 Herbal yang Baik Dikonsumsi Penderita Gangguan Jantung
(Foto: Organicfacts)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu penyebab stroke yang paling umum adalah pembekuan darah secara spontan, yang juga dapat memicu serangan jantung. Oleh karena itu, tak jarang dokter ikut memberikan resep pengencer darah pada orang-orang yang memiliki gangguan pada jantung.

Selain obat, ada juga bahan-bahan alami yang membantu mengencerkan darah. Apa sajakah itu?

1. Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki efek antikoagulan yang berguna untuk mencegah pembekuan. Konsumsi kunyit setiap hari juga membantu melindungi tubuh dari trombosis, pembekuan atau penggumpalan darah dalam pembuluh darah arteri atau vena.

2. Bawang putih

Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan pada bubuk bawang putih dapat menghentikan trombosis. Selain itu, khasiat tersebut lebih terlihat jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

3. Bawang bombay

Bawang bombay memiliki sifat antitrombotik dimana dapat membuat darah mengalir lancar, terutama bila dimakan mentah.

4. Jahe

efek antikoagulan juga terdapat pada rempah satu ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa jahe dapat mencegah episode pembekuan darah sehingga menurukan risiko stroke.

5. Kayu manis

Rempah wangi satu ini memiliki efek mengencerkan darah. Coumarin adalah bahan penting dalam kayu manis yang berperan sebagai antikoagulan yang kuat. Namun, batasi konsumsi kayu manis agar tak merusak organ lain, seperti hati.




(DEV)