5 Hal yang Terjadi di Tubuh Anda Jika Mengonsumsi Makanan Berminyak

Raka Lestari    •    Jumat, 01 Dec 2017 10:26 WIB
5 Hal yang Terjadi di Tubuh Anda Jika Mengonsumsi Makanan Berminyak
Sebuah studi tahun 2014 dari para periset di Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa orang yang makan makanan gorengan antara empat dan enam kali per minggu memiliki risiko diabetes tipe dua meningkat sebesar 39 persen. (Foto: Alida Ryde

Jakarta: Terkadang, burger keju atau kentang goreng yang disajikan saat panas-panas bisa menggoda Anda untuk memakannya. Meskipun begitu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana memilih nutrisi untuk tubuh Anda. Dan makanan dengan minyak berlebihan dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Berikut ini adalah yang terjadi pada tubuh Anda jika mengonsumsi makanan berminyak menurut Ayla Barmmer, ahli diet dari Boston:

(Baca juga: Makanan Berlemak dan Gorengan Memicu Asam Lambung Naik)

1. Mengganggu sistem pencernaan Anda
"Saat kita makan makanan berminyak seperti gorengan, volume lemak yang berlebih memberi tekanan pada sistem pencernaan kita," kata Barmmer kepada TIME. Dari lemak, karbohidrat dan protein, lemak adalah yang paling lambat dicerna, dan memerlukan enzim dan cairan pencernaan, seperti empedu dan asam lambung untuk memecahnya.


(Kentang goreng panas memang nikmat untuk dimakan. Meskipun begitu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana memilih nutrisi untuk tubuh Anda. Foto: Courtesy of Brittni Mehlhoff/Paper & Stitch/Pinterest)

2. Makanan berminyak bisa menyebabkan jerawat
Anda mungkin tidak melihat jerawat langsung setelah makan berminyak dalam jumlah banyak, tapi Barmmer mengatakan bahwa makanan berminyak mungkin berperan dalam jerawat. "Efeknya tidak langsung, terjadi dari waktu ke waktu dan sebagai akibat dari pola makan makanan," katanya.

"Jerawat sebagian besar disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan atau ketidakseimbangan bakteri, sehingga makanan berminyak menyebabkan jerawat dengan cara membahayakan kesehatan usus."

3. Meningkatkan risiko jantung dan diabetes
Jika makanan Anda secara konsisten mengandung makanan berminyak, Barmmer mengatakan, kemungkinan besar Anda akan memiliki peningkatan risiko penyakit kronis terutama penyakit jantung.

Sebuah studi tahun 2014 dari para periset di Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa orang yang makan makanan gorengan antara empat dan enam kali per minggu memiliki risiko diabetes tipe dua meningkat sebesar 39 persen, dan risiko penyakit jantung koroner meningkat sebesar 23 persen.






(TIN)