6 Pencahar Alami untuk Mengatasi Konstipasi

Raka Lestari    •    Kamis, 11 Jan 2018 09:00 WIB
tips & trik
6 Pencahar Alami untuk Mengatasi Konstipasi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebanyak 16 persen wanita kerap mengalami susah buang air besar. Konstipasi memang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, ada kemungkinan karena masalah hormon.

"Jika Anda mengalami masalah buang air besar, jangan tunggu sampai dua atau tiga hari untuk menyembuhkannya," ujar Lisa Ganjhu, profesor kedokteran gastroenterologi dan klinis di NYU Langone Medical Center seperti dilansir dari Women's Health.

Pencahar yang dijual di apotik mungkin bisa menjadi pilihan tepat, tetapi tidak ada salahnya mencoba bahan alami seperti di bawah ini.

1. Air

Air dapat melunakkan kotoran yang mengeras di usus, dan merangsang usus berkontraksi sehigga Anda merasa ingin ke belakang.

2. Greek yoghurt

Yogurt dan probiotik lainnya bagus untuk pencernaan Anda. "Probiotik menambahkan lebih banyak bakteri sehat ke usus dan menyusun kembali jalur pencernaan dengan bakteri yang baik tersebut." ujar Ganjhu.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan kol adalah sumber serat yang paling baik, dan itulah yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan Anda. Meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau bisa menjadi cara yang cepat untuk melancarkan sistem pencernaan. Ditambah lagi, sayuran hijau kaya akan magnesium yang dapat melembutkan kotoran Anda secara alami sehingga mudah dikeluarkan, ujar Ganjhu.

4. Lidah buaya

"Lidah buaya adalah salah satu obat pencahar alami yang paling banyak dikonsumsi," ujar Ganjhu. "Lidah buaya membuat kotoran menjadi terlumasi sehingga membuatnya mudah keluar."

5. Buah kaya serat

Antioksidan dalam buah berry memiliki khasiat anti-inflamasi yang bisa meringankan sistem glikemik indeks Anda. Buah kering seperti aprikot, buah ara, dan plum adalah pilihan yang baik juga. "Makanan yang sudah dikeringkan memiliki kombinasi serat padat dan ekstra gula, yang bisa melancarkan buang air besar," katanya.

6. Minyak

Mengonsumsi sedikit minyak zaitun, mineral oil, atau minyak jarak dapat membantu melancarkan perut Anda. "Minum saja satu sendok makan. Hal tersebut bisa memudahkan sistem pencernaan Anda dan melembutkan kotoran, membuatnya sedikit lebih lembut sehingga tidak sakit ketika Anda sedang buang air besar." ujar Ganjhu.





(DEV)