Meski Sehat, Tuna dan 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi Setiap Hari

Torie Natalova    •    Kamis, 26 Oct 2017 15:32 WIB
tips kesehatan
Meski Sehat, Tuna dan 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi Setiap Hari
(Foto: Myrecipes)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengonsumsi makanan sehat agar tubuh sehat memang tak bisa ditawar lagi. Namun, memperhatikan varian makanan juga penting agar Anda bisa mendapatkan beraneka macam nutrisi.

Menurut pakar nutrisi Ginger Hultin, mengonsumsi beragam jenis makanan membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya hingga dua tahun.

Meskipun sehat, enam makanan berikut ini sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari.

1. Salmon asap

Salmon mengandung nutrisi yang baik kesehatan jantung dan otak. Tetapi, ketika diasap, salmon menghasilkan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) sehingga dapat memicu risiko kanker. Setidaknya, konsumsi salmon asap 1-2 kali seminggu saja.

2. Kombucha

Minuman ini mengandung probiotik yang bagus untuk bakteri baik di usus. Namun, kombucha bersifat asam sehingga terlalu sering minum minuman ini dapat memicu penyakit maag. Orang yang sedang hamil atau memiliki masalah imun tubuh juga harus menghindarinya karena bakteri yang ada dalam kombucha justru dapat memicu penyakit.

3. Tuna

Ikan yang satu ini tinggi protein dan mineral seperti besi, kalsium, seng dan magnesium. Sayangnya, tuna rawan mengandung merkuri sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari, terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Paparan merkuri selain bisa menyebabkan autisme, juga dapat memicu masalah penglihatan dan kelemahan otot.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah lemak jenuh tapi kaya akan trigliserida rantai menengah yang dapat menurunkan kolesterol dan

trigliserida secara keseluruhan. Namun, minyak ini padat kalori dengan kandungan 121 kalori per sendok.

5. Makanan atau sup kalengan

Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan kalengan tidak baik untuk kesehatan jantung. Penting untuk melihat dan memilih makanan kaleng yang rendah sodium dan setidaknya mengonsumsi sodium kurang dari 800 mg per hari.

6. Daging panggang

Ketika daging seperti sapi, babi, ikan dan unggas dimasak pada suhu tinggi seperti saat dipanggang, maka dapat menciptakan senyawa pemicu kanker seperti heterocyclic amines (HCAs). Batasi asupan daging panggang menjadi 18 gram seminggu atau sekitar tiga roti burger.





(DEV)