Nonton Film Horor Bantu Bakar Kalori Setara Jalan Kaki

Raka Lestari    •    Kamis, 26 Oct 2017 16:47 WIB
studi kesehatan
Nonton Film Horor Bantu Bakar Kalori Setara Jalan Kaki
(Foto: Daily Mail)

Apakah Menonton Benar Menonton Film Horor Dapat

Metrotvnews.com, Jakarta: Perasaan jantung berdebar-debar saat menonton film horor ternyata dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk membakar kalori dan membuat suasana hati lebih bahagia. Tapi seberapa banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menonton film seram, bergantung pada seberapa menyeramkannya film seberapa besar rasa takut Anda.

Pada 2012, para peneliti dari University of Westminster di Inggris meminta 10 orang untuk menonton 10 film menakutkan yang berbeda-beda dengan memantau detak jantung, asupan oksigen, dan pengeluaran karbon dioksida.

Film tahun 1980, The Shining, yang dibintangi oleh Jack Nicholson menduduki puncak daftar film horor yang dapat membakar kalori. Orang yang menonton film tersebut merasa takut dan menjerit sehingga berhasil membakar 184 kalori, hampir sama dengan jumlah kalori yang dibakar ketika berjalan kaki selama 40 menit, menurut American Council on Exercise.

Jaws  dan The Exorcist  berada pada posisi kedua dan ketiga dalam daftar, masing-masing bisa membakar sampai 161 dan 158 kalori.

Menurut peneliti studi Richard Mackenzie, sebuah film yang menakutkan menyebabkan pelepasan hormon adrenalin, untuk mengatasi respons pada sistem saraf . Seiring dengan jantung Anda berdegup kencang, respons ini juga menarik energi cadangan dari tubuh sehingga Anda siap untuk melawan atau melarikan diri saat dibutuhkan.

Sebuah studi tahun 2003 dari Universitas Coventry di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Stress menemukan bahwa menonton film horor secara signifikan meningkatkan tingkat sirkulasi sel darah putih untuk melawan infeksi dan penyakit.

Rasa ketakutan juga bisa meningkatkan suasana hati Anda.

"Penelitian yang dilakukan rekan-rekan saya dan saya lakukan menunjukkan rangsangan negatif yang tinggi meningkatkan suasana hati secara signifikan," kata Margee Kerr, sosiolog dan peneliti dan penulis Scream: Chilling Adventures In the Science of Fear.

Itu artinya, sekarang Anda bisa memilih kegiatan seperti menonton film yang menyeramkan, atau mengunjungi rumah hantu, atau atraksi musim Halloween untuk mendapat manfaat dari merasa ketakutan.




(DEV)