Chelsea Islan Ajak Generasi Muda Peduli Kanker Payudara

Raka Lestari    •    Rabu, 10 Oct 2018 07:57 WIB
chelsea islankanker payudara
Chelsea Islan Ajak Generasi Muda Peduli Kanker Payudara
Acara konferensi pers Memperingati Kanker Payudara oleh Starbucks Indonesia, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 3 Oktober 2018. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Jakarta: Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian yang tertinggi, baik di Indonesia maupun di dunia.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), saat ini 1 dari 8 perempuan berisiko terkena kanker payudara. Untuk itu, penting sekali menyadari kesehatan payudara agar jika terkena kanker payudara bisa terdeteksi sejak dini. 

“Menyuarakan kepedulian pada kanker payudara melalui sosial media ataupun menjadikan ini sebagai salah satu topik obrolan terutama di kalangan anak muda sangat membantu menyebarkan informasi kepedulian pada kanker payudara,” ujar Shanti Persada, pejuang kanker payudara dan founder LOVEPINK, organisasi non-profit yang beranggotakan penderita kanker payudara. 

(Baca juga: Olahraga Cegah Gangguan Memori pada Survivor Kanker Payudara)

Chelsea Islan, sebagai salah satu generasi muda yang peduli akan kanker payudara mengatakan, “Aku sendiri sebagai anak muda sudah banyak mengetahui tentang breast cancer ini. Tapi menurut aku yang terpenting adalah untuk anak-anak yang lebih muda seperi anak SMP atau SMA,” ujar Chelsea dalam acara Konferensi Pers untuk Memperingati Kanker Payudara oleh Starbucks Indonesia, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 3 Oktober 2018. 

Menurut Shanti, dengan rutin mengecek kondisi payudara atau melakukan USG payudara selama setahun sekali bisa mencegah lebih banyaknya pasien yang terkena kanker payudara stadium lanjut. 

Chelsea Islan sendiri mengaku memiliki cara mudah untuk mengecek kondisi kesehatannya. “Caranya yaitu dengan Sadari, yaitu periksa payudara sendiri sekitar tujuh sampai sepuluh hari setelah menstruasi.” 




(TIN)