Ketahui 7 Tanda Fibrosis Paru yang Diderita Putri Mahkota Norwegia

Torie Natalova    •    Rabu, 31 Oct 2018 13:26 WIB
tips kesehatan
Ketahui 7 Tanda Fibrosis Paru yang Diderita Putri Mahkota Norwegia
(Foto: Prevention)

Jakarta: Fibrosis paru adalah penyakit paru-paru yang terjadi ketika jaringan paru-paru menjadi rusak dan terluka. Penyakit ini dialami oleh istri putra mahkota Norwegia Mette Marit setelah mengalami masalah kesehatan dan gejala aneh dalam tubuhnya selama beberapa tahun.

Fibrosis paru akan terjadi ketika jaringan paru-paru menegang dan mengental, itu membuat paru-paru Anda lebih sulit untuk bekerja dengan baik. Jika kondisinya memburuk, Anda menjadi semakin sesak napas.

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi di paru-paru, gagal jantung kanan, gagal napas, kanker paru-paru dan komplikasi paru-paru lainnya.

Dokter seringkali tidak dapat menentukan penyebab jaringan parut yang terkait dengan fibrosis paru. Namun, itu bisa menjadi hasil dari berbagai faktor, termasuk paparan jangka panjang dari racun tertentu, kondisi medis tertentu, terapi radiasi dan beberapa obat.

Gangguan ini lebih mungkin mempengaruhi orang dewasa setengah baya dan yang lebih tua. Perokok atau orang yang bekerja di lingkungan berasap atau polutan seperti penambang, petani atau pekerja konstruksi. 

Menurut Mayo Clinic, ada banyak tanda dan gejala fibrosis paru dan mereka dapat bervariasi tergantung dari jenis dan tingkat keparahan dari setiap individu. Adapun gejalanya seperti sesak napas, batuk kering, kelelahan, penurunan berat badan mendadak, sakit otot dan sendi, pelebaran dan pembulatan ujung jari kaki dan tangan.

Fibrosis paru yang membuat paru-paru rusak, tidak dapat diobati. Obat dan terapi tertentu dapat membantu mengobati gejala.


(DEV)