Manfaat Bangun Tidur di Jam yang Sama Setiap Hari

Torie Natalova    •    Kamis, 27 Dec 2018 15:58 WIB
tidur
Manfaat Bangun Tidur di Jam yang Sama Setiap Hari
Hasil survei menunjukkan orang-orang dengan waktu bangun yang sama setiap hari merasa lebih puas terhadap kehidupan pribadi. (Foto: Pim Chu/Unsplash.com)

Jakarta: Tidur merupakan salah satu komponen kesehatan yang paling penting karena semua orang membutuhkannya. Penelitian baru menunjukkan bahwa bukan hanya rentang waktu tidur yang penting, tapi penting juga mengatur waktu bangun yang sama setiap harinya.

Sebuah survei baru terhadap lebih dari 1.000 orang yang dilakukan oleh Mattress Inquirer menemukan bahwa waktu Anda bangun tidur setiap pagi sama pentingnya dengan waktu Anda tidur malam.

Hasil survei menunjukkan orang-orang dengan waktu bangun yang sama setiap hari merasa lebih puas terhadap kehidupan pribadi, keuangan dan kehidupan kerja dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki jadwal bangun tidur yang teratur.

(Baca juga: Tidur 6-8 Jam, Baik untuk Kesehatan Jantung)


(Hasil survei menunjukkan orang-orang dengan waktu bangun yang sama setiap hari merasa lebih puas terhadap kehidupan pribadi. Foto: Eye for Ebony/Unsplash.com)

Beberapa penelitian menunjukkan bangun pagi bisa menjadi kunci menuju puncak produktivitas, yang dapat menjelaskan alasan mengapa mereka yang bangun di waktu yang sama setiap pagi jauh lebih bahagia dengan situasi ekonomi dan pekerjaan mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa jadwal tidur yang tidak teratur berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan Anda seperti menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, meningkatkan lemak jahat dan meningkatkan risiko diabetes hingga penyakit jantung.

Saat libur tiba, tetap jaga waktu bangun tidur Anda. Hindari begadang agar waktu tidur malam tidak kacau sehingga rutinitas pagi tetap teratur.




(TIN)