Ini Tekanan yang Sering Dialami Ibu Baru saat Menyusui

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 01 Aug 2018 17:52 WIB
tumbuh kembang anak
Ini Tekanan yang Sering Dialami Ibu Baru saat Menyusui
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Momen baru dan mengejutkan selama menyusui pernah dialami semua ibu. "Terdapat dua jenis tekanan yang dirasakan, yaitu tekanan emosional dan tekanan fisik, keduanya berpengaruh pada produksi ASI," ujar Bernadeth Virna selaku Senior Brand Manager Anmum, PT Fonterra Brands Indonesia dalam peluncuran platform digital Anmum #MumToMum, Rabu, 1 Agustus 2018.

Ia menerangkan, ibu baru cenderung mengalami tekanan emosional yang lebih besar. Perasaan tak percaya diri untuk menjadi ibu, mengalami baby blues, dan transisi dari wanita menjadi ibu tak jarang membuat depresi dan panik.

Sementara, ibu berpengalaman juga tak berbarti bebas dari masalah menyusui. Umumnya, tipikal ibu ini mengalami tekanan fisik seperti masalah dengan puting payudara, lidah pendek pada bayi, dan kondisi fisik yang melemah karena aktivitas mengurus semua anggota keluarga dan pekerjaan rumah tangga. Bahkan, tambahan beban bertambah bagi wanita karier.

Selain dari segi tekanan, bimbingan dalam mengasuh anak juga tak sama pada ibu baru dan ibu berpengalaman.

Menurut Studi tentang Tantangan Ibu Hamil dan Menyusui di Indonesia tahun 2017 yang dilakukan oleh Foterra Brands Indonesia tersebut, ibu baru cenderung mengandalkan saran dari orang tua mereka atau orang-orang terdekat.

Sedangkan ibu berpengalaman akan bekerja sama dengan suami dalam mengembangkan metode pengasuhan untuk semua anak.

"Kesamaan pada keduanya adalah menjadikan internet sebagai sumber informasi yang handal dan dapat dipercaya dalam mengembangkan gaya pengasuhan," tambahnya.

Lihat video:




(DEV)