Empat Vitamin Mempercepat Panjangnya Rambut

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 11 Aug 2018 18:15 WIB
rambut
Empat Vitamin Mempercepat Panjangnya Rambut
Lima Vitamin Mempercepat Panjangnya Rambut (Foto: shutterstock)

Jakarta: Rambut rontok adalah masalah yang cukup membuat pusing bagi beberapa orang. Penyebabnya ada banyak, termasuk pola makan yang buruk dan stres.

Berikut adalah beberapa nutrisi yang dapat membaut rambut kembali tumbuh lebih cepat dari waktu normal.

1. Seng
Kekurangan seng adalah salah satu alasan utama rambut rontok yang dapat berujung pada kebotakan. Seng tak hanya berguna untuk mengobati rambut rontok tetapi juga mempercepat pertumbuhan rambut. Beberapa makanan yang mengandung seng adalah biji labu, daging merah, kacang-kacangan, dan telur.

2. Vitamin B
Biotin dan asam pantotenat (vitamin B5) membantu mengobati kerontokan rambut. Biotin bermanfaat dalam membangun kembali rambut yang rusak karena terlalu banyak keramas atau pengeringan. Sementara vitamin B5 menstabilkan pertumbuhan rambut. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B adalah daging ayam, salmon, biji-bijian, dan alpukat.

3. Zat besi
Berbagai penelitian telah menemukan bahwa kekurangan zat besi merupakan pemicu rambut rontok. Beberapa makanan yang mengandung zat besi adalah kentang, telur, kacang almond, aprikot kering, dan brokoli.

4. Vitamin D
Folikel rambut sangat sensitif terhadap hormon. Vitamin D adalah hormon yang memainkan peran penting dalam diferensiasi pertumbuhan sel. Konsumsi makanan yang kaya vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Sumber yang baik dari vitamin ini adalah ubi jalar, salmon, susu kedelai, sereal, dan jus jeruk.



 


(ELG)