Jenis Minyak yang Tepat untuk Memijat Bayi

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 06 Apr 2018 11:33 WIB
perkembangan anak
Jenis Minyak yang Tepat untuk Memijat Bayi
Menurut Dr Bhupendra Avasthi, minyak berbahan tanaman seperti minyak kelapa dan minyak zaitun bisa digunakan jika ibu terbiasa memijat bayi sebelum memandikannya. (Foto: Manuel Schinner/Unsplash.com

Jakarta: Memijat bayi dengan cara yang benar dapat membuat tubuh bayi menjadi rileks dan meningkatkan ikatan antara ibu dan anak melalui sentuhan. 

Lalu, jenis minyak apa yang tepat untuk memijat si kecil?

Menurut Dr Bhupendra Avasthi, minyak berbahan tanaman seperti minyak kelapa dan minyak zaitun bisa digunakan jika ibu terbiasa memijat bayi sebelum memandikannya.  

(Baca juga: Momen Perkembangan Bayi yang Menggemaskan)


(Menurut Dr Bhupendra Avasthi, minyak berbahan tanaman seperti minyak kelapa dan minyak zaitun bisa digunakan jika ibu terbiasa memijat bayi sebelum memandikannya. Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)

"Minyak zaitun dingin membantu membuat tangan lebih luwes dalam memijat bayi dengan gerakan melingkar yang lambat," demikian menurut Dr Avasthi, seperti dilansir Thehealthsite.com.

Terkait memandikan bayi, Dr Avasthi menyarankan menggunakan beberapa cangkir air sampai area pusar sembuh dan tali pusar jatuh. "Memastikan bayi benar-benar kering juga penting," tambahnya. 

Setelah seminggu atau 10 hari, penggunaan sabun ringan dan air hangat dianggap sudah aman untuk memandikan bayi. 






(TIN)