Alasan Mengapa Menyukai Orang Lain Selain Pasangan

Raka Lestari    •    Jumat, 30 Mar 2018 11:05 WIB
romansapsikologi
Alasan Mengapa Menyukai Orang Lain Selain Pasangan
Menyukai seseorang mungkin terjadi karena Anda merasa tidak puas terhadap pasangan Anda. (Foto: Rawpixel.com/Unsplash.com)

Jakarta: Menyukai seseorang selain pasangan ketika sudah mempunyai hubungan atau berpacaran adalah sesuatu yang mungkin saja dialami oleh seseorang. Dan hal tersebut tidak selalu buruk.

Dilansir dari Huffingtonpost.com, Samantha Rodman, seorang psikolog mengatakan itu adalah hal yang biasa bagi orang-orang hubungannya sedang berada di ambang kehancuran, terutama setelah pasangan sudah bersama dalam waktu yang cukup lama. 

"Ini sangat normal dan mungkin tidak ada hubungannya dengan kebahagiaan dalam hubungan secara keseluruhan," kata Rodman kepada Huffington Post. 

"Menyukai orang lain membuat seseorang menjadi lebih hidup dan menarik, dan orang-orang sering melakukannya bahkan ketika mereka sudah memiliki komitmen yang kuat dengan pasangan mereka, namun setiap hubungan tidak selalu berada pada masa-masa bahagia." 

Ryan Howes, seorang psikolog di California mengatakan dengan memiliki pasangan bukan berarti Anda menutup diri terhadap orang-orang yang lebih menarik dari pasangan Anda. 

"Anda tidak akan berhenti memperhatikan atau merasakan ketertarikan terhadap orang lain, karena perasaan itu sudah otomatis dan terus terang di luar kendali kami," Howes. 


(Menyukai seseorang mungkin terjadi karena Anda merasa tidak puas terhadap pasangan Anda. Foto: Sweet Ice Cream Photography/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Alasan Anda Tidak Pernah Sendirian Meski Single)

Menyukai seseorang selain pasangan tidak akan berbahaya. "Menyukai seseorang bukan berarti seseorang ingin keluar dari hubungan mereka," kata Kathy Hardie-Williams, seorang ahli terapi pernikahan dan keluarga di Portland, Oregon. Namun yang akan menjadi masalah adalah jika Anda menaksir seseorang secara lebih dalam. 

Menyukai seseorang mungkin terjadi karena Anda merasa tidak puas terhadap pasangan Anda. Atau, mungkin, Anda merasa kesulitan dalam hubungan di mana Anda dan pasangan Anda tidak terhubung atau berkomunikasi secara terbuka. 

Dalam kasus lain, menyukai seseorang mungkin merupakan upaya untuk membuat pasangan Anda cemburu atau membuat mereka lebih memperhatikan Anda jika Anda merasa diabaikan.

"Menyukai orang lain selain pasangan dalam hubungan, baik sementara atau permanen, bisa membuat orang naksir tampak jauh lebih menarik," ujar Howes.







(TIN)