Tips Mengatasi Ruam Saat Hamil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 01 Jun 2018 14:36 WIB
kehamilan
Tips Mengatasi Ruam Saat Hamil
Berikut adalah beberapa tips mengembalikan kulit seperti semula saat ruam muncul bagi bumil. (Foto: Freestocks.org/Unsplash.com)

Jakarta: Beberapa wanita mengalami ruam kulit saat hamil. Umumnya, ruam muncul karena kulit yang melebar berkeringat sehingga menyebabkan gatal. Penyebab lainnya adalah dehidrasi dan stres. 

Berikut adalah beberapa tips mengembalikan kulit seperti semula saat ruam muncul bagi bumil. 

1. Gunakan produk yang khusus dibuat untuk bumil, terutama berbahan herbal yang dapat melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit. 

2. Dalam kasus ruam atau berjerawat, gunakan krim anti-ruam untuk bumil. Carilah produk yang mengadung lidah buaya karena bahan tersebut memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit.


(Beberapa wanita mengalami ruam kulit saat hamil. Umumnya, ruam muncul karena kulit yang melebar berkeringat sehingga menyebabkan gatal. Penyebab lainnya adalah dehidrasi dan stres. Foto: el Elías/Unsplash.com)

(Baca juga: Fakta Mengejutkan Tentang Kehamilan)

3. Untuk mengurangi stres, lakukan kegiatan yang menenangkan pikiran. Misalnya, pijat setelah melahirkan, cukup tidur, dan nikmati aromaterapi.

4. Pastikan bahwa mandi dengan air hangat-hangat kuku, karena air panas dapat mengeringkan kulit sehingga memperburuk ruam yang muncul. 

5. Kompres ruam dengan air dingin supaya rasa tak nyaman seperti gatal dapat berkurang. 




(TIN)