Selain Makanan dan Olahraga, Jangan Abaikan Ini jika Ingin Berat Badan Turun

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 27 Jun 2018 16:28 WIB
diet
Selain Makanan dan Olahraga, Jangan Abaikan Ini jika Ingin Berat Badan Turun
(Foto: Daily Star)

Jakarta: Asupan makanan dan olahraga memang menjadi faktor penentu penurunan berat badan. Meski demikian, masih ada beberapa hal yang menentukan apakah berat badan Anda bisa turun sesuai dengan harapan.

Ahli gizi selebriti Dana James, yang juga memantau pola makan aktris Margot Robbie, menyebutkan bahwa ada beberapa tips menurunkan berat badan yang terlupakan, salah satunya emosi.

Dana merujuk sebuah penelitian baru-baru ini yang menemukan 75 persen pasien obesitas yang memiliki masalah mengalami beberapa bentuk trauma masa kanak-kanak.

Menurut Dana, "jika ada sesuatu yang membuat Anda kesal, jangan menerimanya."

Kemudian, ia melanjutkan, mereka yang ingin menurunkan berat badan harus memastikan mereka cukup tidur, mengonsumsi probiotik untuk mengatasi ketidakseimbangan mikrobiom usus, dan menghindari makanan pemicu radang seperti gluten dan susu.

Berikut adalah enam hal tak terduga yang dapat membantu mengurangi berat badan menurut lulusan Columbia University tersebut, dilansir dari Daily Star.

1. Hormon

Dana merekomendasikan untuk memperhatikan tingkat insulin, estrogen, dan kortisol. Penggunaan kontrasepsi dan masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga penurunan berat badan Anda menjadi terhambat.

2. Tidur

Tidak mendapatkan tidur sebanyak 8 jam semalam dapat meningkatkan tingkat kelaparan.

3. Mikrobiome usus

Dalam istilah sederhana, mikroorganisme yang melapisi usus dapat mengekstrak lebih banyak kalori dan menyebabkan sembelit.

4. Peradangan

Penyebab paling umum dari peradangan adalah gluten dan susu.

5. Obat

Beberapa resep, termasuk antidepresan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

6. Emosi yang tidak diungkapkan

Peneliti menemukan bahwa pengalaman traumatis dapat menyebabkan makan berlebihan.


 


(DEV)