Tips Berenang di Alam Bebas

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 28 Jun 2018 11:42 WIB
tips & trik
Tips Berenang di Alam Bebas
Berenang liar adalah berenang di berbagai sumber air di alam. Supaya tak terluka ada hal-hal khusus yang perlu dilakukan. (Foto: Tommaso Fornoni/Unsplash.com)

Jakarta: Berenang di alam bebas atau berenang liar cenderung lebih menyegarkan daripada di kolam biasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak berujung pada penyakit.

Berenang liar adalah berenang di berbagai sumber air di alam, seperti danau, kolam, sungai, atau laut. Supaya tak terluka ada hal-hal khusus yang perlu dilakukan.

1. Beritahu tujuan Anda
Berenanglah dengan seseorang atau beritahu orang lain tujuan Anda. Setelah berenang di lokasi tersebut berulang kali, kecelakaan bisa terjadi dan penting memberitahu orang lain di mana Anda berada. 

(Baca juga: Tips Perawatan Kulit Sebelum dan Setelah Berenang)

2. Gunakan pakaian yang pantas
Berpakaianlah dengan pantas, mengingat ini adalah tempat untuk publik. Misalnya, berenanglah dengan mengenakan pakaian renang.

Jangan sampai Anda menganggap karena ini alam liar Anda bebas tak memakai pakaian sedikit pun. Air alam bisa sangat dingin dan pakaian renang atau pakaian basah dapat melindungi Anda dari hipotermia, yang bisa makin meningkat. 


(Jika Anda berenang di tempat baru, cek kedalaman air dan keadaan di dalamnya, seperti melihat apakah ada batu atau ranting yang tersangkut oleh air. Foto: Brooke Campbell/Unsplash.com)

3. Siapkan pakaian kering
Pastikan Anda meletakkan pakaian kering yang diletakkan di dekat sumber air sehingga Anda bisa menggapainya ketika keluar dari air. 

4. Kacamata renang
Selain itu, atribut kacamata renang juga sebaiknya digunakan untuk melindungi mata dari air keruh. 

5. Cek tempat
Jika Anda berenang di tempat baru, cek kedalaman air dan keadaan di dalamnya, seperti melihat apakah ada batu atau ranting yang tersangkut oleh air. 

Meskipun Anda melakukan pencegahan secara maksimal, risiko terkena serangga dan penyakit dari air tetap ada. Menurut NHS, Anda tak menyadari sudah terkena gigitan serangga hingga muncul masalah pada kulit, terutama akibat kutu. Gigitan kutu bisa menyebabkan penyakit Lyme. Pastika Anda mengecek seluruh kulit setelah berenang liar.




(TIN)