Tips Menjaga Area Kewanitaan

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Apr 2018 13:50 WIB
kesehatan
Tips Menjaga Area Kewanitaan
Mencuci tangan sebelum mengganti pantyliner atau pembalut sangatlah penting untuk menjaga area kewanitaan tetap bersih. (Foto: Anne Kroes/Unsplash.com)

Jakarta: Area kewanitaan merupakan bagian yang sensitif, intim, dan vital bagi seorang wanita. Kebersihan area kewanitaan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Kebersihan area kewanitaan yang tidak baik dapat memicu ketidakseimbangan pH dan dapat menyebabkan infeksi. 

Infeksi pada area kewanitaan yang berulang dapat menyebabkan infeksi panggul, infeksi saluran kencing, infertilitas, kerusakan sistem imun tubuh sampai infeksi menyeluruh (sepsis). 

“Area kewanitaan tingkat pH alami di angka 3,8 - 4,2. Keseimbangan pH alami perlu dijaga agar bakteri baik atau lactobacillus di area kewanitaan tetap mendominasi."

"Bakteri baik ini bisa mencegah area kewanitaan dari berbagai gejala infeksi seperti gatal, bau, dan keputihan berlebih,” ujar dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia, pada acara peluncuran Betadine Feminine Wash, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa, 24 April 2018. 


(Foto: /Unsplash.com)

(Baca juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Organ Intim Wanita)

Menurut dr. Mery tips untuk membersihkan area kewanitaan antara lain:

1. Mencuci tangan sebelum mengganti pantyliner atau pembalut sangatlah penting untuk menjaga area kewanitaan tetap bersih.

2. Mencuci area kewanitaan dengan pembersih yang tepat yaitu pembersih yang mengandung antiseptik yang bisa pertumbuhan bakteri baik di area kewanitaan.

3. Membersihkan dari arah yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang lalu keringkan dengan tisu handuk yang sekali buang.

4. Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, jangan menggunakan pakaian dalam yg terbuat dari nylon. 

5. Dianjurkan untuk mengganti pembalut atau pantyliner maksimal 4-6 jam sekali.





(TIN)