Pentingkah Jujur Mengenai Kelanjutan Hubungan di Kencan Pertama?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 24 Apr 2018 11:25 WIB
romansapsikologi
Pentingkah Jujur Mengenai Kelanjutan Hubungan di Kencan Pertama?
Beberapa orang memutuskan untuk menjalani sebuah perkenalan tanpa berekspektasi pada kelanjutan hubungan. Namun, perlukah menjelaskan hal tersebut pada kenalan Anda? (Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

Jakarta: Beberapa orang memutuskan untuk menjalani sebuah perkenalan tanpa berekspektasi pada kelanjutan hubungan. Namun, perlukah menjelaskan hal tersebut pada kenalan Anda?

Sebuah artikel dalam The Cut menyarankan untuk tidak mengatakan tersebut, terutama pada kencan pertama. 

Penulis artikel menceritakan pengalaman dia. "Paul memberi tahu saya bahwa dirinya tak tahu sedang mencari apa, apakah hubungan romantis atau tidak. Namun, ia ingin bertemu denganku dan melihat kita bisa sejauh mana." 

Menurut penulis, penjelasan tersebut bisa jadi peringatan awal. Jika hubungan berjalan lancar, artinya bagus. Namun, bila sebaliknya, setidaknya sudah ada peringatan tersebut. 

The Independent menanyai beberapa orang untuk melihat bagaimana pandangan mereka terhadap transparasi pra-kencan tersebut.

(Baca juga: Pose Ekspansif pada Foto Profil Tingkatkan Peluang dalam Aplikasi Kencan)


(Beberapa orang memutuskan untuk menjalani sebuah perkenalan tanpa berekspektasi pada kelanjutan hubungan. Foto: Duri from Mocup/Unsplash.com)

"Berkencan, terutama menggunakan aplikasi di kota besar memang cukup tricky. Jadi, saya merasa tak terlalu buruk jika mengatakan tak tahu tipe apa yang saya cari di awal perkenalan. Beberapa orang akan berpikir saya pengecut, tetapi menurut saya ini lumayan," tukas Carl (nama disamarkan) yang merupakan penulis. 

Responden lain, Danielle (nama disamarkan) juga setuju. "Jika Anda mencari hubungan, silahkan. Jika hanya untuk bersenang-senang, tak masalah."

Di satu sisi, ahli hubungan Meredith Golden berpendapat bahwa tak semua orang perlu tahu apa yang dicari kenalan tersebut. 

"Berkencan dengan seseorang dan melihat perkembangnya akan membantu Anda menentukan seperti apa Anda ingin hubungan itu ke depan. Bahkan, bagi mereka yang tahu apa yang mereka inginkan, bisa saja mengubah pikiran mereka."

Kesimpulannya, tak masalah memberi tahu kenalan tujuan dari perkenalan tersebut, tetapi bisa saja semua berubah seiring berjalannya waktu cinta bisa berkembang dan tak ada yang tahu pasti.





(TIN)