Alasan Menguap Bisa Menular

Torie Natalova    •    Jumat, 05 Oct 2018 08:08 WIB
kesehatanpsikologi
Alasan Menguap Bisa Menular
Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Current Biology menemukan bahwa menguap dipicu oleh ketidaksadaran Anda. (Foto: Kevin Grieve/Unsplash.com)

Jakarta: Anda mungkin sering bertanya-tanya, mengapa sulit menahan untuk tidak ikut menguap ketika melihat orang lain melakukannya. Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Current Biology menemukan bahwa menguap dipicu oleh ketidaksadaran Anda.

Itu adalah bentuk umum dari echophenomenon atau seringkali diartikan dengan meniru secara otomatis tindakan ataupun perkataan. 

Meski fenomena otak tersebut tidak diketahui penyebabnya, peneliti percaya itu berkaitan dengan kondisi neurologis seperti Tourette, autisme, dan epilepsi.

(Baca juga: Sering Menguap? Ini Alasannya)


(Menguap adalah bentuk umum dari echophenomenon atau seringkali diartikan dengan meniru secara otomatis tindakan ataupun perkataan. Foto: Courtesy of Experience Life)

Menguap yang menular tidak hanya terbatas pada manusia. Peneliti juga menemukan bahwa hal yang sama terjadi di antara simpanse dan anjing.

Salah satu penulis studi Stephen Jackson mengatakan, teori umum untuk menguap yang menular adalah bahwa hal itu terkait denagn empati untuk orang lain, mimikri dan ikatan sosial.

Sementara itu, dua temuan menarik datang dari penelitian tersebut. Pertama, jika secara khusus seseorang meminta Anda untuk tidak menguap, maka akan lebih sulit untuk menghindari menguap. Kedua, menerapkan rangsangan listrik dapat menyebabkan orang menguap.





(TIN)