Tinggi Antioksidan, Begini Cara Mengolah Biji Alpukat agar Bisa Dimakan

Torie Natalova    •    Minggu, 03 Jun 2018 11:33 WIB
tips kesehatan
Tinggi Antioksidan, Begini Cara Mengolah Biji Alpukat agar Bisa Dimakan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Alpukat termasuk salah satu buah yang memiliki khasiat luar biasa. Lemak sehat dalam alpukat terbukti baik bagi jantung.

Namun, Anda mungkin tak menyadari bahwa Anda melewati bagian yang juga menyehatkan dari sebuah alpukat, yaitu bijinya.

Alpukat mengandung antioksidan yang sangat baik menangkal radikal bebas, zat berbahaya bagi tubuh. 70 persen antikosidan yang ditemukan di seluruh alpukat berada di dalam bijinya.

Dalam biji alpukat mengandung lebih banyak dari molekul-molekul luar biasa ini daripada kebanyakan buah lainnya, bahkan sayuran dan teh hijau yang dikenal mengandung antioksidan tinggi.

Biji alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut. Serat ini berfungsi menurunkan kolesterol, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, pertumbuhan tumor, meringankan gejala arthritis dan penyakit sendi, serta mengobati peradangan lambung.

Bagaimana mengolah biji alpukat?

Anda dapat memasukkannya ke dalam mesin pengolah makanan atau food processor hingga menjadi bubuk. Gunakan setengah dari bubuk yang dihasilkan oleh satu biji alpukat untuk dicampur dalam smoothie. Biji alpukat memiliki rasa yang pahit sehingga sangat cocok untuk ditambahkan dengan sesuatu yang manis seperti buah-buahan.


Lihat video:


 


(DEV)