Selain Gen, Gaya Hidup Tak Sehat Dapat Memicu Kanker Payudara

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 11 Jul 2017 15:24 WIB
kanker payudara
Selain Gen, Gaya Hidup Tak Sehat Dapat Memicu Kanker Payudara
(Foto: CNN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gaya hidup adalah salah satu pemicu munculnya kanker. Mulai dari makan makanan tak sehat, jarang bergerak, hingga stres berpotensi menimbulkan penyakit tersebut.

Kanker sendiri belum memiliki penyebab yang pasti dimana tak jarang mereka yang sudah sembuh bisa kembali terkena dalam kurun waktu yang tak bisa dipastikan.

"Kebanyakan pasien yang sudah sembuh kembali kena karena gaya hidup, terutama stres. Kami sedang melakukan penelitian terkait hal ini," ujar dr Siti Sundari Manopo selaku dokter dari Rumah Sakit Onkologi Surabaya (RSOS) saat ditemui dalam konfrensi pers Indonesia Goes Pink (IGP), Selasa (11/7/2017).

Ia menambahkan, stres menurunkan daya tubuh penyitas karena dampak yang ditimbulkan, yaitu kurang makan (kurang nutrisi) atau justru sebaliknya, terlalu banyak makan namun tidak memerhatikan asupan yang masuk dimana kebanyakan tidak sehat.

Pada kesempatan tersebut, dr Sundari juga menyebutkan bahwa penderita kanker atau penyitas yang bergabung dengan komunitas atau kelompok pendukung kanker cenderung lebih sehat dibandingkan dengan penderita yang berjuang sendiri.

"Komunitas seperti ini bertujuan untuk bersatu dan menunjukkan bahwa mereka normal, padahal sebenarnya mereka juga sedih kalau melihat ada teman komunitas yang meninggal karena penyakit tersebut. Mereka merasa cemas, ikut takut berpikir mereka akan mengalami hal serupa," terangnya.




(DEV)