Meminum Kopi Dapat Mengecilkan Payudara?

Yatin Suleha    •    Jumat, 28 Jul 2017 13:34 WIB
kopi
Meminum Kopi Dapat Mengecilkan Payudara?
Helena Jernstrom, pemimpin studi dari Lund University di Swedia mengatakan bahwa mengonsumsi kopi memiliki efek yang besar terhadap ukuran payudara wanita. (Foto: Ao/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Helena Jernstrom, pemimpin studi dari Lund University di Swedia mengatakan bahwa mengonsumsi kopi memiliki efek yang besar terhadap ukuran payudara wanita.

Dirilis dari Telegraph.co.uk, Helena menerangkan bahwa ditemukan sekitar setengah dari studi dilakukan membawa mutasi gen yang muncul, dan berkaitan dengan konsumsi kopi serta volume payudara.



"Walau begitu, meminum kopi tidak akan mengecilkan payudara Anda dalam satu malam," ujar Helena. "Payudara akan mengecil, namun tidak akan hilang sama sekali," tambahnya lagi.

Helena menerangkan bahwa permasalahannya akan sulit bagi Anda, orang awam untuk memeriksa apakah payudara Anda mengecil ataukah tidak, karena sebenarnya ukuran payudara ada dua, yaitu bagian cup-nya dan ukuran lingkar dada.

?Helena mengatakan bahwa wanita yang meminum lebih dari 3 cup kopi setiap harinya memiliki rata-rata 17 persen payudara yang lebih kecil, dibandingkan dengan mereka yang meminum kopi dengan jumlah yang lebih sedikit.

(Baca juga: 6 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi)

Fakta ini, menurut Helena merupakan sebuah kekhawatiran terutama bagi mereka yang memiliki payudara yang besar.

Namun studi belum sampai menemukan fakta tentang apakah mengonsumsi kopi juga bisa mengurangi kekenyalan atau kepadatan payudara ataukah tidak.

Sisi positifnya, studi ini juga menemukan bahwa banyak konsumsi kopi bisa memiliki dampak positif bagi kesehatan payudara.

"Meminum kopi secara rutin ternyata dapat menurunkan kanker payudara diantara para relawan yang ditemui. Para relawan ini juga terpilih secara spesifik dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker payudara."

Para peneliti percaya bahwa efek kopi berkaitan dengan dampaknya dalam hormon wanita, yaitu estrogen, dan juga bisa mempengaruhi tingkat hormon laki-laki yaitu testosteron.











(TIN)