5 Efek Samping Penggunaan Suplemen Kalsium

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 16 Sep 2017 13:16 WIB
kesehatan tulang
5 Efek Samping Penggunaan Suplemen Kalsium
5 Efek Samping Penggunaan Suplemen Kalsium (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suplemen kalsium adalah pendukung yang banyak dikonsumsi orang, terutama mereka yang menderita keropos tulang. Namun, bila dikonsumsi berlebihan, akan ada efek buruk yang ditimbulkan.

Berikut adalah lima efek buruk penggunaan suplemen kalsium bila digunakan tak sesuai prosedur menurut konsultan fisik dr. Pradip Shahdi dari Fortis Hospital, Mumbai

1. Konstipasi
Menurut para dokter, pasien yang mulai menggunakan suplemen kalsium cenderung menderita konstipasi.

"Tak semua orang bisa mentolerasi konsumsi suplemen kalsium secara rutin dan efek paling umum adalah konstipasi," kata dr. Pradip.

2. Pengurangan efiensi obat lain
Obat yang tak bisa bekerja beriringan dengan penggunaan suplemen kalsium adalah suplemen besi dan antasid yang justru tak akan memberi manfaat apa pun pada tubuh.

"Konsumsi suplemen besi dan suplemen kalsium secara bersamaan tak ada gunanya. Lebih baik ganti waktu konsumsi, seperti pagi hari minum suplemen basi dan sore minum suplemen kalsium," saran dr. Pradip.

3. Batu ginjal
Konsumsi suplemen kalsium berlebih sekitar 1.000-1.300 mg per hari dapat menyebabkan munculnya batu ginjal. Sebagai informasi, penyebab lain batu ginjal adalah konsumsi vitamin C berlebih, kurang minum air, dan pola makan tinggi garam.

4. Keracunan vitamin D
Konsumsi obat-obatan vitamin D dan suplemen kalsium secara bersamaan dapat memicu keracunan vitamin D. Normalnya, kadar vitamin D dalam tubuh adalah 30-70 ng/ml. Bila mencapai atau lebih dari 100 ng/ml, itu artinya terjadi keracunan vitamin D karena menumpukan kalsium dalam darah. Beberapa gejala yang muncul adalah mual, lemas, sering buang air kecil dan kehilangan nafsu makan. Dalam jangka panjang, gangguan tersebut bisa menyebabkan masalah ginjal.

5. Kram otot
Umumnya, efek ini dialami oleh para lansia yang menggunakan suplemen kalsium karena jaringan dan otot mulai mengakumulasi kalsium. Sebaiknya, mulai kurangi dosis suplemen jika mulai mengalami kram dan nyeri otot.


(ELG)