Manfaat Membuat MPASI Sendiri

Raka Lestari    •    Senin, 18 Sep 2017 07:00 WIB
perkembangan anak
Manfaat Membuat MPASI Sendiri
Ada manfaat membuat sendiri MPASI pada bayi. (Foto: Bruno Nascimento/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta:  Saat ini, kemudahan mendapatkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) banyak dijual di toko-toko atau supermarket. Padahal sebenarnya dengan membuat sendiri MPASI pada bayi sangat banyak manfaatnya.

Mulai dari kebersihan yang terjamin, kandungan nutrisi yang bisa disesuaikan dengan bayi, hingga lebih ekonomis karena dalam satu kali membeli bahan makanan, bisa digunakan untuk beberapa kali makan si kecil.



Akan ada hal yang hilang jika sang ibu tidak memberikan MPASI yang dibuat sendiri, misalnya saja ketika sang ibu melakukan metode BLW dimana sang bayi akan diberikan makanan dalam bentuk aslinya tanpa dihaluskan terlebih dahulu.

(Baca juga: Efek BLW pada Pertumbuhan Gigi dan Mulut Si Kecil)

DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum, yang merupakan dokter, ahli nutrisi, magister filsafat, dan penulis buku mengatakan, "hal ini bisa menghilangkan faktor nurture. Nurture itu adalah bagaimana ibu menyuapi anaknya, memberi makan anaknya. Lalu kemudian membuat makanan anaknya. Itu adalah bagian dari nurturing the child," paparnya saat ditemui dalam diskusi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (17/9/2017).



Ia juga menambahkan, "jadi sifat keibuan kita tumbuh karena kita membuat makanan untuk anak. Dari mulai pergi ke pasar, menyiapkannya, lalu memasaknya, hingga menyuapinya. Menyuapi bayi untuk makan saja itu butuh kesabaran yang luar biasa ekstra."

Hal-hal di atas itulah yang dapat hilang jika para ibu tidak membuat sendiri MPASI bagi bayinya. Entah itu karena memang tidak sempat membuatnya, atau karena melakukan metode-metode pemberian makan tertentu pada bayi, misalnya metode BLW.











(TIN)