4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Torie Natalova    •    Rabu, 14 Jun 2017 08:59 WIB
kesehatan mata
4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata
Salah satu gejalanya adalah mata kering yang terjadi karena menatap layar terlalu lama sepanjang hari. (Foto: Pinterest/Twitter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehilangan penglihatan menjadi hal yang ditakuti kebanyakan orang di Amerika belakangan ini, berdasarkan jajak pendapat terbaru. 

Ini menjadikan kebutaan sebagai empat diagnosis terburuk yang diterima penderita seperti kanker, Alzheimer dan HIV.

Meski lebih dari 20 juta orang dewasa Amerika mengalami kehilangan penglihatan, banyak dari kita yang mungkin tidak memprioritaskan kesehatan mata.

Padahal, menjaga penglihatan Anda sangat sederhana dan dapat dilakukan sehari-hari. Mulailah dengan melakukan hal mudah berikut ini.

(Baca juga: Ini Penyebab Gatal pada Mata)



1. Makan untuk mata Anda
Wortel memang sudah dikenal dapat meningkatkan kesehatan mata. Tetapi, tak hanya wortel, Anda dapat menikmati berbagai makanan yang baik untuk mata jika kaya akan lutein dan zeaxanthin. Dua antioksidan ini dapat ditemukan pada sayuran berdaun gelap seperti kangkung dan bayam, kubis Brussel dan jagung.



2. Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mencegah glaukoma yang dapat merusak saraf optik. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa mereka yang olahraga secara teratur lebih dari satu jam sehari, 25 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki aliran darah rendah ke daerah mata. Inilah kondisi yang dianggap sebagai penyebab glaukoma.



3. Lindungi mata
Anda mungkin akan mengoleskan tabir surya untuk kulit saat keluar di tengah terik matahari. Tetapi, jangan lupakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda. Sinar UV yang sama membakar kulit Anda juga dapat mempercepat penuaan dan kerusakan serius pada mata Anda. 

Paparan sinar UV bertanggungjawab 5-10 persen kasus katarak. Kacamata yang baik adalah yang dapat melindungi 100 persen sinar ultraviolet.



4. Berkedip

Kelelahan mata digital terjadi akibat terlalu sering menatap layar gadget. Salah satu gejalanya adalah mata kering yang terjadi karena menatap layar terlalu lama sepanjang hari. Ini dapat menyebabkan perubahan pada mata dan membuatnya kering sehingga menimbulkan masalah yang serius. 

Mata tidak dapat menghasilkan air mata dengan benar atau menguap terlalu cepat. Peneliti menemukan bahwa saat menatap layar tanpa kedip dalam waktu lama, tingkat zat pelumas yang ditemukan pada air mata menurun. Kita biasanya berkedip 15-20 kali per menit. Tetapi, saat menggunakan gadget, hal itu bisa meningkat menjadi dua kali lipat.








(TIN)