Perhatikan Hal Berikut Setelah Operasi Kelopak Mata

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 20 Sep 2017 07:37 WIB
kesehatan mata
Perhatikan Hal Berikut Setelah Operasi Kelopak Mata
Blepharoplasty atau operasi kelopak mata kini sedang digandrungi. (Foto: Leah/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Operasi kelopak mata atau blepharoplasty adalah jenis operasi yang mulai naik daun. Namun, meskipun tergolong operasi lokal, perawatan selama pemulihan tetap harus diperhatikan. 

Sama seperti operasi pada umumnya, operasi ini juga bisa mengalami pembengkakan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang pasien perlu perhatikan.

Pertama, bagian kelopak mata harus dikompres dengan air dingin setiap hari selama 2-3 jam.



"Dikompres karena lapisan kelopak mata akan melonggar setelah operasi sehingga cepat bengkak dan membiru/memar," terang ahli plastik rekonstruksi mata dari Jakarta Eye Center dr. Yunia Irawati, SpM (K) dalam temu media, Selasa (19/9/2017). 

(Baca juga: 7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata)

Kemudian, posisi kepala pasien juga harus lebih tinggi dari badan, yaitu 45 derajat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan akibat akumulasi cairan yang bisa saja terjadi. 

Ketiga, pengecekan pendarahan bila pasien merasakan nyeri pada bagian kelopak mata. Selain itu, pengecekan juga perlu dilakukan bila terjadi penonjolan bola mata dan penurunan tajam penglihatan selama beberapa jam hingga 2-5 hari. 



Jika hal tersebut terus berlangsung dalam jangka lama, segera lakukan pemeriksaan lanjut. Pendarahan sendiri dapat berimbas pada penurunan tajam penglihatan. 

Selain itu, perlu diingat bahwa bagian yang dioperasi sebaiknya tak basah atau terkena air karena masih dalam masa pengeringan luka jahit yang berlangsung selama 5-7 hari.











(TIN)