Efek BLW pada Pertumbuhan Gigi dan Mulut Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 05 Sep 2017 07:15 WIB
baby led weaning
Efek BLW pada Pertumbuhan Gigi dan Mulut Si Kecil
Metode BLW belum terbukti dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara keseluruhan. (Foto: Dobrekalorije.ba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Metode pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) Baby Led Weaning (BLW) turut mempengaruhi perkembangan gigi si kecil, yang merupakan bagian dari tumbuh kembang anak secara keseluruhan.

Metode BLW melewati masa pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang dilembutkan dan membebaskan anak memilih makanan yang disukai.



"Pemberian makan dengan metode BLW menyebabkan kekurangan nutrisi tentu berdampak pada pertumbuhan gigi," ujar drg. Andria Diarti SpKGA selaku spesialis kedokteran gigi anak dalam temu media, Senin (4/9/2017).

Ada dua dampak yang ditimbulkan, yaitu positif dan negatif. Dari sisi positif, metode BLW yang memberikan makanan bertesktur dapat merangsang pertumbuhan gigi karena menguatkan otot-otot pengunyahan dan menstimulasi lengkung rahang bertumbuhan. Dengan lengkung gigi bertambah, maka tempat tumbuh gigi semakin lebar sehingga gigi semakin mudah tumbuh. 

(Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Anak yang Merusak Gigi)

Sementara, di satu sisi, metode BLW belum terbukti dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan terdapat kecenderungan kekurangan zat besi pada anak yang diberikan MPASI dengan BLW. Padahal nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang yang optimal.

"Kebutuhan nutrisi harus diperhatikan agar gigi tumbuh optimal dan sempurna, terutama untuk kebutuhan kalsifikasi makhota gigi yang membutuhkan zat gizi terutama kalsium," tegas drg. Andria. 



Pertumbuhan gigi sendiri sudah dimulai sejak anak berusia 6 bulan, dimana gigi sulung pertama mulai tumbuh.

Kemampuan mengungah makanan sangat terkait dengan pertumbuhan gigi, sehingga drg. Andria menyarankan agar pengenalan makanan padat pertama pada anak sebaiknya dimulai dengan makanan lumat.







(TIN)