Cara Mudah Menambah Asupan Magnesium

Torie Natalova    •    Rabu, 23 Aug 2017 10:37 WIB
tips kesehatan
Cara Mudah Menambah Asupan Magnesium
(Foto: Natural Biomedical)

Metrotvnews.com, Jakarta: Magnesium dikenal sebagai senyawa yang dapat meringankan sakit kepala, meredakan kecemasan, dan mengurangi hasrat untuk makan makanan manis. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa 68 persen dari kita tidak mendapatkan magnesium yang cukup.

Ahli gizi Ariane Hundt mengatakan, magnesium adalah salah satu "pahlawan tanpa tanda jasa" dalam hal nutrisi. Bersamaan dengan kalsium, ini adalah nutrisi penting untuk semua aktivitas seluler, tapi tubuh tidak dapat membuatnya sendiri. Anda pun perlu mengonsumsinya setiap hari melalui makanan dan minuman atau  suplemen.

Stres bisa menguras kadar magnesium dan itu bisa mengakibatkan peningkatan tekanan darah dan kenaikan hormon stres adrenalin dan kortisol.

Magnesium yang cukup penting juga untuk pencernaan rutin, aktivasi otot, dan produksi energi. Ia juga berperan memproduksi serotonin, neurotransmitter yang bertanggungjawab untuk suasana hati yang seimbang.

Ada empat cara mudah untuk memastikan Anda tidak kekurangan magnesium seperti berikut ini.

1. Ganti camilan

Menambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kangkung ke makanannya dapat jadi alternatif untuk mendapatkan magnesium alami. Kacang almond, brokoli, kacang-kacangan, juga dapat dijadikan camilan yang menyehatkan.

2. Perbanyak air mineral

Ada cara yang mudah untuk mengonsumsi magnesium dalam jumlah banyak. Periksa air mineral favorit Anda untuk melihat apakah magnesium terdapat di dalamnya.

3. Memilih suplemen magnesium

Unsur magnesium sebenarnya tidak ada dalam pil itu sendiri dan harus terikat pada zat lain untuk membantu menstabilkannya. Penyerapan magnesium dari berbagai bentuk suplemen bervariasi, dan beberapa molekul yang magnesium terikat mungkin memiliki fungsinya sendiri di dalam tubuh.

4. Mandi dengan air panas

Magnesium telah banyak muncul di produk kecantikan. Tapi, itu tidak menjamin tubuh menyerapnya melalui kulit. Anda dapat menggunakan magnesium sulfat atau garam Epsom ke dalam bak mandi dan ia dapat menyerap melalui kulit. Selain membantu menambah asupan magnesium Anda, metode ini juga bisa membantu meredakan pembangkakan atau nyeri otot.




(DEV)