Begini Cara Laser Hilangkan Tato di Tubuh Anda

Yatin Suleha    •    Selasa, 22 Aug 2017 15:49 WIB
kesehatan kulit
Begini Cara Laser Hilangkan Tato di Tubuh Anda
Tahun 1967 laser penghilang tato muncul dengan perkembangannya yang terus membaik hingga sekarang. (Foto: Maxime Lalievre/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Bekasi: Saat ini laser untuk menghilangkan tato dinilai merupakan cara yang efektif. Di era lampau, tepatnya di tahun 1888 menghilangkan tato dengan menggunakan bahan kimia dapat merusak permukaan kulit. Teknik tersebut diciptakan oleh Variot dengan sebutan metode "French". 

Bagi Anda yang ingin menghilangkan tato, mungkin bisa berterima kasih pada Goldman. Ia memperkenalkan laser penghilang tato di tahun 1963. Dan sejak saat itu, tepatnya di tahun 1967 laser penghilang tato muncul dengan perkembangannya yang terus membaik hingga sekarang.

Walau dari tahapan perkembangan estetika dari teknik menghilangkan tato di tubuh ini pernah juga menimbulkan bekas luka, namun saat ini Anda tidak perlu khawatir karena laser punya banyak jenis dan media laser juga ada banyak. 



Menurut dr. Indah Widyasari, SpKK, salah satu dokter yang berpraktik di ZAP Clinic menjelaskan bahwa penggunaan teknologi laser di ZAP Clinic ini sudah teruji dan terbukti aman. Ia menambahkan bahwa laser yang ada di ZAP Clinic adalah laser khusus untuk masalah pigmentasi.

"Karena tato itu merupakan pigmen berupa tinta. Jadi prinsipnya dengan laser menghancurkan tinta," ucap dr. Indah saat ditemui dalam acara pembukaan cabang ke-30 ZAP Clinic di Summarecon Mal Bekasi, Senin (21/8/2017) lalu.

(Baca juga: 6 Poin Keberhasilan Menghapus Si Rajah Tubuh)

"Dan kombinasi hasil dan keamanan didapatkan dari mekanisme kerja laser yang dapat menghancurkan pigmen warna dari tato, dilanjutkan dengan penghancuran sisa tato oleh sistem pertahanan tubuh. Dan metode ini sendiri telah digunakan sebagai gold standart (Baku emas) di dunia estetik untuk menghilangkan tato," jelas dokter yang ramah ini.

Bagaimana sebenarnya cara kerja laser penghilang tato?
Dr. Indah menerangkan, "teknik laser adalah dengan panjang gelombang tertentu, laser masuk ke dalam kulit di tempat di mana tato tersebut berada," terang dr. Indah. 

"Biasanya, tato profesional ditempatkannya di lapisan kulit kedua, panjang gelombang tersebut masuk diubah di kulit menjadi panas. Si panas ini beserta dengan getarannya akan menghancurkan pigmennya tintanya. Jadi mudah dibuang oleh pertahanan tubuh."



Namun, ia mengingatkan bahwa sebelum melakukan treatment menghilangkan tato di ZAP Clinic dilakukan sesi wawancara terlebih dahulu.

"Sebelum pasien melakukan treatment ZAP Tattoo Removal, kami akan adakan sesi wawancara mengenai apakah ada alergi atau tidak, jenis kulitnya bagaimana, ada sesi edukasi di mana ada hal yang perlu dilakukan setelah melakukan laser seperti misalnya tidak boleh langsung terkena panas dan selalu menggunakan tabir surya jika keluar rumah."










(TIN)