6 Poin Keberhasilan Menghapus Si Rajah Tubuh

Yatin Suleha    •    Senin, 21 Aug 2017 16:54 WIB
kesehatan kulit
6 Poin Keberhasilan Menghapus Si Rajah Tubuh
Dr. Indah menerangkan bahwa penghapusan tato di tubuh dengan menggunakan laser memang dinilani efektif, namun ia mengingatkan untuk masyarakat agar mengetahui terlebih dahulu tentang berbagai informasi soal menghilangkan tato. (Foto: Annie Spartt/Unsplash

Metrotvnews.com, Bekasi: Belum lama ini beredar video tentang penghapusan tato di sebuah tempat. Namun, dari sisi estetika dan kesehatan juga kenyamanan apakah ini aman untuk dilakukan oleh semua orang? Serta faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada keberhasilan menghilangkan tato tersebut?

Dr. Indah Widyasari, SpKK yang dijumpai dalam acara pembukaan cabang ke-30 ZAP Clinic di Summarecon Mal Bekasi mengatakan bahwa semakin lama usia tato maka akan semakin sulit untuk dihilangkan.

"Ini karena tinta dari tato tersebut sudah menyatu dengan sel-sel kulit ibaratnya seperti dibungkus, jadi fibrosis dan itu akan lebih sulit untuk dihilangkan," papar dr. Indah.

Dr. Indah menjelaskan bahwa ada enam poin keberhasilan tato bisa benar-benar hilang dari tubuh kita yaitu:

(Baca juga: Marshanda Pilih Perawatan Kecantikan yang Tak Memakan Banyak Waktu)



1. Tipe kulit (ada gelap, sedang, putih, dan lainnya)

2. Warna tato (semakin berwarna maka tato akan semakin susah hilang)

3. Lokasi (tato di tangan dan kaki lebih sulit untuk dihilangkan jika dibandingkan di tubuh lainnya)

4. Intensitas tato (tato yang tipis atau tebal berpengaruh pada mudah atau sulitnya tato untuk dihilangkan)

5. Riwayat keloid (jika seseorang memiliki riwayat keloid di tubuh, maka tindakan laser tidak boleh terlalu agresif dilakukan dan harus bertahap)

6. Layering/menato ulang (apakah pasien juga pernah menambah lagi tato di atasnya-dengan tujuan agar gambar lebih jelas lagi atau tidak. "Jika iya, maka tato akan semakin sulit hilang," ujar dr. Indah)

Dr. Indah menerangkan bahwa penghapusan tato di tubuh dengan menggunakan laser memang dinilai efektif, namun ia mengingatkan untuk masyarakat agar mengetahui terlebih dahulu tentang berbagai informasi soal menghilangkan tato.

"Untuk mendapatkan hasil yang efektif sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis dan dilakukan oleh tenaga medis yang berkompeten. Karena kalau tidak bisa menimbulkan efek samping yang tidak diharapkan."















dr. Indah Widyasari, SpKK.







(TIN)