5 Makanan yang Bikin Perut Jadi Kembung

Nia Deviyana    •    Minggu, 18 Jun 2017 16:48 WIB
tips kesehatan
5 Makanan yang Bikin Perut Jadi Kembung
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah dan sayuran tak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan. Akan tetapi, mengonsumsinya terlalu berlebihan juga bisa berdampak buruk terhadap pencernaan, membuat perut menjadi kembung dan kentut berbau busuk.

Secara khusus, buah dan sayuran5 Makanan yang Bikin Perut Jadi Kembung

mengandung sejumlah nutrisi termasuk oligosakarida, serat larut, dan gula alami seperti fruktosa yang bisa menyebabkan gas berlebih di usus.

Jadi, menambah porsi sayuran dan buah tak selalu berarti lebih sehat. Apalagi, untuk buah dan sayuran ini.

1. Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral penting. Namun, makan terlalu banyak wortel dapat memberi efek samping perut kembung. Secangkir wortel mentah mengandung 12 gram karbohidrat dan 4 gram serat.

2. Sayuran hijau

Kangkung, kol, dan brokoli adalah sumber vitamin C dan serat yang baik, tapi bisa membuat perut menjadi kembung dan kentut Aanda berbau tak sedap. Sayuran ini memiliki gula kompleks yang disebut refinose sehingga sulit dicerna orang dengan pencernaan sensitif.

3. Apel

Buah yang mengandung antioksidan tinggi ini juga mengandung fruktosa yang tinggi, terutama pada apel hijau, sehingga sulit dicerna mereka yang memiliki pencernaan sensitif. Fruktosa yang tak terserap oleh darah akan dimakan bakteri jahat, sehingga efeknya perut menjadi kembung, kram, diare, bahkan bau mulut.

4. Blackberry

Buah ini mengandung poliol, komponen utama pengganti gula yang dikenal juga dengan nama gula alkohol. Hanya sedikit poliol yang bisa terserap usus. Artinya jika Anda makan terlalu banyak blackberry, ada banyak poliol yang tak terserap dan akan dimakan bakteri jahat. Efeknya, sama seperti jika Anda makan terlalu banyak apel.

5. Mangga

Buah manis ini mengandung lebih banyak frutosa dibanding glukosa, membuat fruktosa sulit terserap tubuh. Ketidakseimbangan gula alami tersebut juga bisa membuat perut kembung dan masalah usus apabila dikonsumsi terlalu banyak.
 


(DEV)