Susu Rendah Lemak Ternyata Tak Mempan Kurangi Obesitas pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 19 Nov 2016 17:32 WIB
obesitas
Susu Rendah Lemak Ternyata Tak Mempan Kurangi Obesitas pada Anak
Susu Rendah Lemak Ternyata Tak Mempan Kurangi Obesitas pada Anak (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda memiliki anak yang obesitas? Jika Anda berniat mengurangi berat badan sang buah hati tanpa ingin menganggu asupan gizinya, cobalah berikan susu biasa.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa minum susu dapat membuat anak lebih ramping dan meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh, jika dibandingkan dengan susu rendah lemak atau susu skim.

Studi tersebut menemukan bahwa anak yang minum susu biasa yang mengandung 3,25 persen lemak memiliki indeks massa tubuh (BMI) memiliki angka 0,72 unit lebih rendah dibandingkan susu rendah lemak yang memiliki kandungan 1-2 persen.

"Itu sebanding dengan perbedaan antara berat bdan sehat dan kegemukan," ujar pemimpin studi Jonathon Maguire, dokter anak di Rumah Sakit St Michael di Ontario, Kanada.

Kemungkinan hal tersebut dikarenakan susu biasa yang penuh lemak cenderung membuat anak tidak terlalu lapar sehingga mereka tak ingin mengunyak cemilan yang mengandung banyak kalori.

Selain itu, anak yang minum satu gelas susu memiliki kadar vitamin D yang lebih baik, yang mampu melindungi tulang dan sistem imun, dibandingkan dengan mereka yang minum tiga gelas susu skim setiap hari.

Hal ini dikarenakan vitamin D lebih larut dalam lemak dibandingkan air. Sementara, susu biasa mengandung lebih banyak vitamin D.

"Anak-anak yang minum susu rendah lemak tidak memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit, mereka juha tidak mendapatkan manfaat mendapatkan kadar vitamin D yang lebih baik seperti anak-anak yang minum susu biasa. Ini adalah keruhian ganda pada susu rendah lemak," tambahnya.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition tersebut memelajari 2.745 anak-anak berusia 2-6 tahun.

Penemuan tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat pedoman gizi yang direkomendasikan selama ini tentang konsumsi dua gelas susu rendah lemak untuk  mengurangi risiko obesitas pada anak-anak.




(ELG)