Tingkat Kesembuhan Kanker Menggunakan Sel Punca Capai 90 Persen

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 07 Sep 2016 19:03 WIB
kanker
Tingkat Kesembuhan Kanker Menggunakan Sel Punca Capai 90 Persen
(Foto: Wafclan) Penggunaan Sel Punca untuk Pengobatan Terbaru Kanker.

Metrotvnews.com, Jakarta: Stem cell adalah salah satu metode pengobatan yang digadang-gadang dapat memyembuhkan segala jenis penyakit, termasuk kanker. Benarkah demikian?

"Secara teoritis, saat diuji coba di luar negeri, tingkat keberhasilannya mencapai 90 persen," papar dr. Sonar S. Panigoro Sp.B (K) Onk, M. EPID, selaku wakil ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) dalam acara diskusi panel dengan tema 'Bagaimana Implementasi JKN dalam Penjaminan Pelayanan kepada Pasien Kanker Anak dan Kanker Payudara', Rabu (7/9/2016).

(Baca juga: Penderita Kanker Terus Meningkat)

Namun, biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Saat ini, salah satu rumah sakit pemerintah di Indonesia tengah melakukan penelitian tersebut. "Di Singapura, penelitian memakan biaya hingga 3 miliar rupiah, kalau penelitian di sini sekitar 1 miliar," ungkap mantan direktur RS Kanker Dharmais tersebut.

Pengobatan stem cell dilakukan dengan cara mengambil sel-sel sehat dari sumsum tulang yang merupakan tempat pembentukan sel dan disimpan dengan cara tertentu saat proses kemoterapi. Penyimpanan tersebutlah yang memakan biaya besar karena menggunakan sistem isolasi khusus, agar tidak terjangkit infeksi atau hal-hal lain yang membahayakan sel. Setelah itu, semua sel 'sakit' yang terdapat dalam sumsum tulang akan dimusnahkan dengan cara tertentu dan sel sehat akan dimasukkan kembali untuk melakukan regenerasi sel.




(TIN)