Triclosan Pada Pasta Gigi, Aman atau Berbahaya?

Torie Natalova    •    Jumat, 30 Sep 2016 13:53 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Triclosan Pada Pasta Gigi, Aman atau Berbahaya?
Apabila Anda khawatir menggunakan pasta gigi dengan triclosan, Anda bisa mencoba pasta gigi bebas triclosan seperti yang mengandung fluoride stannous. (Foto: Wellandgood)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bahan kimia triclosan paling sering ditemukan pada sabun dan juga pasta gigi. Triclosan merupakan salah satu bahan aktif yang terkandung dalam sabun anti-bakteri.

Sebelumnya, Food and Drug Administration (FDA) telah melarang penggunaan triclosan pada sabun saja, tidak pada pasta gigi. Ini disebabkan karena salah satu perusahaan pasta gigi di Amerika telah meyakinkan FDA bahwa triclosan memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dampak negatifnya pada kesehatan.

(Baca juga: 7 Pertanda Kesehatan yang Terbaca dari Bibir)

Juru bicara FDA Andrea Fischer mengatakan, pasta gigi yang mengandung triclosan terbukti efektif mengurangi plak dan radang pada gusi. Sebuah studi juga menunjukkan hal serupa dimana pasta gigi dengan triclosan efektif mengurangi plak dan radang gusi.

Jika gusi atau rongga mulut Anda terluka, bahan kimia yang berbahaya bisa menyerap cepat ke dalam aliran darah. Jika dibiarkan tentu saja bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Apabila Anda khawatir menggunakan pasta gigi dengan triclosan, Anda bisa mencoba pasta gigi bebas triclosan seperti yang mengandung fluoride stannous. Bahan ini juga memiliki fungsi seperti triclosan yang bisa membersihkan plak pada gigi dan membangun kembali enamel gigi.





(TIN)