Livestreaming

Mengapa Makanan Harus Dikunyah dengan Baik?

Karina Yunita    •    Kamis, 15 Sep 2016 11:53 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Mengapa Makanan Harus Dikunyah dengan Baik?
(Foto: Fangirlsarewe.files.wordpress) Mengunyah makanan dengan baik dapat mengindari dari sembelit dan diare.

Metrotvnews.com, Jakarta: Makan merupakan aktivitas utama manusia untuk bertahan hidup. Untuk itu, manusia harus memilih makanan bernutrisi serta menikmati setiap prosesnya dengan baik. Salah satunya adalah dengan mencerna makanan tanpa terburu-buru.

Sebenarnya selain agar tidak tersedak, berikut ini adalah beberapa alasan lainnya kenapa Anda harus mengunyah makanan secara perlahan.

(Baca juga: Kecerdasan Anak Berawal dari Pencernaan yang Sehat)

Mengunyah mengubah makanan menjadi partikel kecil, sehingga bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh. Akhirnya, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun bisa lebih maksimal. Mencerna merupakan tugas tubuh yang berat. Dengan mengunyah secara baik, Anda ikut meringankan tugas sistem pencernaan.

Tanpa disadari, saat Anda mengunyah makanan secara perlahan, Anda akan makan dengan jumlah yang lebih sedikit. Banyak penelitian yang sudah mengklaim hal ini, dan berita baiknya adalah secara otomatis akan membantu Anda dalam program menurunkan berat badan.

Mengunyah juga merupakan olahraga ringan yang baik untuk kesehatan gigi. Sehingga mengunyah bisa menjadikan gigi Anda tetap kuat. Mengunyah membuat Anda bisa menikmati rasa makanan itu sendiri, dan rasa makanan yang enak mampu meningkatkan suasana hati Anda.

Saat Anda mengunyah lebih lama, air liur akan disekresikan. Air liur ini berisi enzim tertentu yang bisa memecah makanan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Terakhir, saat makanan tidak terkunyah dengan baik, maka ketika mencapai usus, potongan makanan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung, sembelit, atau diare.






(TIN)