Mengenal Fakta Seputar Hepatitis

Yatin Suleha    •    Senin, 12 Sep 2016 12:09 WIB
kesehatan
Mengenal Fakta Seputar Hepatitis
(Foto: Healthunit) Penanganan secara komprehensif bisa menekan angka penderita hepatitis.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tentunya Anda pernah mendengar tentang penyakit hepatitis. Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya hepatitis? Hepatitis merupakan peradangan pada hati (liver) yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang paling umum yakni infeksi virus berkepanjangan atau kronis.  

(Baca juga: Pemberantasan Hepatitis Masuk dalam Agenda Dunia)

Istilah "Hepatitis" itu sendiri dipakai untuk semua jenis peradangan pada sel-sel hati, yang bisa disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri, parasit), obat-obatan (termasuk obat tradisional), konsumsi alkohol, lemak yang berlebihan dan penyakit autoimune. (Infodatin-hepatitis. Departemen Kesehatan RI 2014)



Fakta Seputar Penyakit Hepatitis
-Menurut pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, peningkatan proporsi prevalensi hepatitis terjadi sebesar 0,6 persen. Tertinggi terjadi pada 4 kelompok usia, yaitu usia 5-14, 25-34, 34-44, dan 45-54 tahun. Data tersebut didapat dari hasil Riskesdas 2007 dan 2013.
- Diperkirakan 2,9 juta penduduk Indonesia mengidap hepatitis. Fakta ini meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2007.
- Penanganan secara komprehensif antara lain bisa dilakukan dengan cara imunisasi, deteksi dini, serta akses diagnostik dan pengobatan.
- Lakukan juga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah penyakit hepatitis.






(TIN)