Metode Diet Ini Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Torie Natalova    •    Kamis, 06 Oct 2016 07:00 WIB
diet
Metode Diet Ini Bisa Mencegah Kanker Payudara?
Meski memang belum terbukti betul diet ini bisa mencegah kanker payudara, namun diet mediterania, jelas terbukti dapat menurunkan berat badan secara efektif. (Foto: Grandparents)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beragam metode diet yang sedang menjadi tren belakangan ini. Salah satunya adalah diet mediterania yang lebih banyak mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian seperti kacang kedelai untuk program dietnya. Tambahan lemak yang dipakai adalah minyak zaitun sehingga tetap menyehatkan tubuh.

Kini, sebuah studi terbaru mengatakan bahwa diet mediterania bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Studi yang dipublikasikan Journal of the American Medical Association tersebut melibatkan 4.152 wanita dan dari hasil penelitian menyebutkan, wanita yang mengikuti diet dengan menggunakan minyak zaitun berhasil mengurangi risiko kanker hingga 68 persen.

Memang, studi ini tidak memberikan alasan jelas tentang bagaimana diet mediterania berhasil mengurangi risiko kanker. Namun, studi menunjukkan bahwa minyak zaitun adalah kunci penangkal penyakit.

"Diet mediterania jelas berkaitan dengan peningkatan kesehatan dan mengurangi penyakit," kata Direktur University Nutrition at Washington University St.Louis.

(Baca juga: Berapa Banyak Asupan Buah yang Tepat dalam Sehari?)

Seperti diketahui, salah satu faktor pemicu kanker payudara adalah akibat kelebihan lemak dalam tubuh terutama setelah mengalami menopause. Karenanya, sangat penting bagi wanita untuk menjaga berat badannya tetap stabil terutama saat memasuki lanjut usia.

Selain memperbanyak sayuran, buah dan kacang-kacangan, penting juga untuk mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun per hari. Diet mediterania ini juga mengurangi penggunaan garam, dan lebih banyak menggunakan rempah dan bumbu untuk menambah cita rasa.

Diet mediterania juga mengurangi konsumsi daging merah. Makan daging merah setidaknya hanya satu kali dalam seminggu. Dalam metode diet ini, protein sebagian besar didapatkan dari ikan atau kacang-kacangan. Untuk roti, diet mediterania memilih menggunakan roti gandum. 

Meski memang belum terbukti betul diet ini bisa mencegah kanker payudara, namun diet mediterania, jelas terbukti dapat menurunkan berat badan secara efektif karena banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kedua jenis makanan ini kaya serat sehingga membantu perut kenyang lebih lama. 









(TIN)