Lakukan 5 Hal Ini Saat Usia Menginjak 30 Tahun

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 29 Nov 2016 17:32 WIB
psikologi
Lakukan 5 Hal Ini Saat Usia Menginjak 30 Tahun
(Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Usia 30 memang belum tergolong tua. Namun, dapat menentukan kehidupan Anda di masa tua, kelak.

Apa saja yang harus Anda lakukan agar tak menyesal kemudian?

1. Mulai menabung

Ketika gaji tak banyak, menyisihkan sedikit uang memang tak mudah. Namun, Anda tetap perlu melakukannya. Meski tak banyak, Anda akan mendapatkan manfaat dari kebiasaan tersebut, kelak.

Seorang pria tua mengungkapkan penyesalannya tidak menyisihkan uang saat berusia 20an. Ia menjelaskan bahwa saat muda, ia menghabiskan uangnya untuk berpesta.

"Ini adalah keputusan yang saya harap bisa diubah," tulisnya di Reddit.

2. Menjaga kesehatan

Saat masih muda, tubuh masih kuat melawan racun yang disebabkan oleh berbagai makanan tak sehat. Namun seiring bertambah usia, respons imun terhadap racun juga semakin melemah.

Itu sebabnya, pada usia ini Anda dianjurkan untuk mulai menjaga kesehatan dengan mengasup makanan yang sehat dan bergizi, serta mengurangi fast food.

Selain itu, sebaiknya mulailah memperhatikan bagian tubuh lain seperti rajin mneggosok gigi, berhenti merokok, dan menggunkanan krim kulit.

3. Jangan sesali kegagalan hubungan

Setiap hubungan yang gagal memberikan pelajaran, namun menyesal karena terlalu lama terikat masa lalu adalah kesalahan umum para generasi yang lebih tua.

Terkadang sulit melihat sebuah hubungan yang sudah lama terjalin dan mengakhirinya tak mudah, terutama karena lingkungan memberitahu bahwa menjadi lajang menakutkan. Namun, jangan sampai perasaan menyesal muncul karena Anda tidak fokus pada diri sendiri.

4. Berwisata

Saat usia 20an, seseorang bebas dari berbagai komitmen sehingga mudah untuk merencanakan liburan ke manapun. Tidak melakukan wisata saat muda adalah salah satu penyesalan paling umum para generasi tua. Transportasi yang kini semakin mudah pun tak menjadi halangan.

5. Memprioritaskan perkembangan profesional

Ada orang yang mengatakan bahwa Anda akan menyesali apa yang tidak ada lakukan dibandingkan dengan apa yang Anda lakukan. Salah satu contohnya adalah dalam hal pekerjaan dimana generasi tua berharap mereka melakukan pekerjaan impian mereka saat masih muda, berenergi, dan cukup dinamis untuk bisa berkarir pada bidang tersebut.

Selain itu, kebanyakan orang berganti-ganti pekerjaan sebelum menyadari apa yang mereka bena-benar inginkan dalam hidup mereka. Jadi, fokuslah mencari apa yang tepat bagi Anda.


 


(DEV)