Kebiasaan Pagi yang Bikin Berat Badan Bertambah

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 Nov 2016 10:50 WIB
kesehatan
Kebiasaan Pagi yang Bikin Berat Badan Bertambah
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda melakukan berbagai hal untuk bisa menurunkan berat badan, namun tak ada hasil yang signifikan, pertanyaan pun mulai muncul di benak Anda. Apa yang salah?

"Letak kesalahan dalam diet biasanya terjadi di awal hari. Apa yang Anda lakukan di pagi hari, akan memengaruhi seluruh aspek yang Anda lakukan sepanjang hari. Artinya, perlu kebiasaan baik untuk mencapai target," ujar Susan Peirce Thompson, Ph.D., pemimpin Institute for Sustainable Weight Los

Kebiasaan apa yang sebaiknya tidak dilakukan pada pagi hari?

1. Terlalu banyak tidur

Kurang tidur memang diketahui dapat menambah berat badan karena akan meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang menstimulasi nafsu makan. Namun, efek yang sama juga terjadi ketika Anda terlalu banyak tidur. Sebuah studi dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur lebih dari 10 jam di malam hari dapat meningkatkan risiko penambahan indeks massa tubuh (IBM) lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur selama 7-9 jam.

2. Tak terkena sinar matahari

Sebuah studi dalam jurnal PLOS One juga mengungkapkan bahwa mereka yang terkena paparan sinar matahri di pagi hari secara signifikan memiliki BMI yang lebih rendah daripada mereka yang masih berada di tempat tidur di saat yang sama, terlepas dari apa yang mereka makan. Berdasarkan studi tersebut, paparan sinar matahari selama 20-30 menit pada siang hari cukup memengaruhi BMI, meskipun cuaca mendung.

Hal tersebut disebabkan karena jam internal tubuh, termasuk metabolisme dalam kalori, menggunakan gelombang cahaya biru dari matahari pagi sebagai pelindung.

3. Tidak merapikan tempat tidur

Sebuah survei Yayasan Tidur Nasional di Amerika Serikat menemukan bahwa 19 persen  orang yang biasa merapikan tempat tidur memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Selain itu, Charles Duhigg, pengarang The Power of Habit, menulis bahwa merapikan tempat tidur dapat menimbulkan kebiasaan baik lainnya seperti menyiapkan bekal makan siang sehingga hal tersebut juga dapat menghemat uang Anda.

4. Tidak mengecek angka secara rutin

Peneliti dari Cornell University meneliti sekitar 162 pria dan wanita yang kegemukan selama dua tahun. Mereka menemukan bahwa mereka yang menimbang berat badan setiap hati lebih sukses dalam menurunkan berat badan, atau memiliki berat badan yang tetap stabil. Menurut Lisa Jones, R.D., dari Pennsylvania Academy of Nutrition and Dietetics, saat terbaik untuk menurunkan berat badan adalah pada pagi hari ketika berat badan terasa paling ringan.

Tak hanya karena berat lebih akurat (metabolisme yang dilakukan di malam hari membuat tubuh memiliki jumlah air lebih sedikit), namun juga Anda bisa lebih tahu apakah angka tersebut sudah sesuai target.

5. Melewati sarapan

Para peneliti daei Tel Aviv University menemukan bahwa pemakan rendah kalori yang mengonsumsi sarapan seimbang yang mengandung 600 kalori dari protein, karbohidrat, dan sedikir gula melaporkan merasa tidak terlalu lapar sepanjang hari dibandingkan mereka yang mengonsumsi sarapan rendah karbohidrat sebanyak 300 kalori. Selain itu, mereka juga memiliki hormon rasa lapar grelin yang lebih sedikit. Para peneliti berpendapat memuaskan rasa lapar di pagi hari membantu rasa lapar akan jarang muncul.


(DEV)