Kurangi Kafein, Cara Ampuh Atasi Rasa Cemas

Torie Natalova    •    Kamis, 26 Jul 2018 12:00 WIB
tips kesehatan
Kurangi Kafein, Cara Ampuh Atasi Rasa Cemas
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mengatasi kecemasan tidak selalu dengan obat-obatan. Mengubah pola makan dapat sangat membantu dalam manajemen kesehatan mental Anda.

Saat seseorang merasa cemas, banyak dari mereka yang langsung memilih kafein atau makanan asin dan manis untuk mengatasi kecemasannya. Padahal, mengonsumsi gula tinggi, karbohidrat tinggi, makanan olahan, akan meningkatkan kadar gula darah, memicu produksi insulin dan dalam jangka panjang menyebabkan resistensi insulin sehingga memicu diabetes tipe 2.

Ada banyak makanan yang dapat membantu mengatasi kecemasan. Berikut adalah beberapa langkah yang mampu meredakan rasa cemas menurut ahli gizi Sarah Flower.

1. Ikan berminyak

Ikan seperti salmon, trout, mackerel dan sarden mengandung omega 3 yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan dengan mengurangi produksi hormon adrenal, yang kemudian menyeimbangkan dan mengatur kadar hormon serotonin.

2. Tingkatkan vitamin B

Vitamin B sangat dianjurkan saat Anda stres atau cemas. Ini karena mereka dapat memproduksi zat kimia otak yang mempengaruhi suasana hati dan fungsi otak lainnya.

3. Perbanyak magnesium

Magnesium dikenal sebagai mineral anti-stres karena efeknya yang luar biasa pada sistem saraf. Rumput laut, almond, soba, kacang mete, sayuran hijau, tahu, alpukat dan kacang Brazil adalah makanan yang kaya magnesium.

4. Tambahkan vitamin D

Saat cemas, seseorang akan menghasilkan lebih banyak kortisol dan glukokortiroid lain yang dapat mencegah penyerapan vitamin D, sehingga mengakibatkan kekurangan yang mempengaruhi banyak fungsi dalam tubuh.

5. Perbanyak tambahan rempah-rempah

Kunyit mengandung curcumin yang dikenal sebagai anti peradangan terkuat serta dapat menghilangkan gejala kecemasan dan stres. Menambahkan lada hitam bersamaan dengan kunyit dapat membantu tubuh memanfaatkan curcumin secara efektif.

6. Kurangi kafein

Anda dapat beralih dari kopi ke minuman rendah kafein seperti teh hijau, chamomile, atau teh peppermint. Peppermint sangat bermanfaat jika Anda memiliki masalah perut atau sakit kepala yang berkaitan dengan stres atau kecemasan. Penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat menurunkan kadar kortisol, membantu menyeimbangkan hormon adrenal untuk menciptakan lebih sedikit kecemasan dan stres.





(DEV)