Air Micellar Efektif Membersihkan Sepatu Berbahan Suede

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 May 2018 15:32 WIB
tips & trik
Air Micellar Efektif Membersihkan Sepatu Berbahan Suede
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Salah satu masalah dalam merawat sepatu berbahan kulit atau suede adalah cara membersihkannya. Mencuci dengan air saja biasanya justru dapat membuat bahan sepatu  rusak. 

Baru-baru ini, seorang wanita menemukan solusi untuk membersihkan sepatu suede menggunakan bahan yang akrab dengan keseharian. 

Kiera O’Hagan dari Skotlandia menemukan bahwa air micellar mampu membersihkan sepatu suede dengan maksimal, dengan menunjukkan foto sepatu hak tinggi berwarna kulit miliknya dengan keterangan foto, "Air micellar telah menghilangkan masalah pada sepatu hak tinggi suede saya. Semua harus mencobanya."

Cuitan di Twitter yang telah disukai lebih dari 36 ribu warganet tersebut menampilkan dua foto dimana foto pertama adalah sepatu suede berlumpur kering dan foto selanjutnya adalah sepatu yang sudah bersih. 

Air micellar adalah 'air lunak' yang terdiri dari misel, atau bola kecil dari molekul minyak pembersih.

Pembersih tersebut biasanya digunakan sebagai penghapus make up, pembersih wajah, dan pelembap.

Di satu sisi, dokter kulit Hadley King dari Skinney Medspa berkomentar, "Micellar pada dasarnya bersifat menarik kotoran dan minyak, sehingga dapat dapat menarik kotoran tanpa mengeringkan kulit."

O’Hagan juga menjelaskan cara membersihkan sepatunya, yaitu membasahi kapas dengan air micellar dan menggosoknya perlahan.

"Pembersih ini juga bisa membersihkan sepatu suede warna putih," tambahnya. 

Lihat video:




(DEV)