Berapa Lamakah Durasi Tidur Anak yang Normal?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 11 Jul 2018 17:01 WIB
perkembangan anak
Berapa Lamakah Durasi Tidur Anak yang Normal?
Bayi usia 0-6 bulan cenderung tidur selama 16-20 jam per hari. (Foto: Manuel Schinner/Unsplash.com)

Jakarta: Durasi tidur anak semakin besar semakin sedikit. Namun, tak sedikit orang tua yang mencari tahu durasi yang tepat sesuai usia perkembangan anak. 

Konsultan dokter anak Dr Santanu Sen dari Kokilaben Dhirubhai Ambani Hospital, Mumbai, memberikan gambaran durasi tidur anak berdasarkan usia agar pertumbuhan dan perkembangan tubuh bisa maksimal. 

1. 0 sampai 6 bulan
Ini adalah masa dimana anak istirahat paling banyak. Bayi usia ini cenderung tidur selama 16-20 jam per hari. Namun, tak semua bayi sama. Beberapa di antaranya terbangun untuk peregangan atau lapar setiap dua tau tiga jam sekali. 

(Baca juga: Kenapa Bayi yang Baru Lahir Lebih Banyak Tidur?)

2. 6 sampai 12 jam
Semakin bertambah usia, bayi akan semakin mengenali dunia di sekitarnya. Durasi tidur pun berkurang, menjadi 12-15 jam, dengan tidur siang sekitar tig ajam. 

3. 1 sampai 3 tahun
Sudah banyak aktivitas bisa dilakukan pada usia ini, selain berbaring dan tidur. Normalnya, durasi tidur dalam sehari adalah 13 jam dengan dua atau tiga jam tidur siang.

4. 3 sampai 5 tahun
Anak semakin aktif secara sosial dan fisik pada usia bawah lima tahun. Meskipun normal, durasi tidur, yaitu minumal 12 jam, tetap harus terpenuhi. 

5. 5 sampai 10 tahun atau lebih
Durasi tidur akan terus berkurang, terutama jika sudah menginjak bangku sekolah. Namun, pastikan anak tetap tidur cukup, yaitu sekitar 10-12 jam, dalam sehari agar pertumbuhan maksimal. 




(TIN)