Manfaat Diet Keto untuk Penderita Diabetes

Torie Natalova    •    Sabtu, 07 Jul 2018 22:43 WIB
diabetesdiet
Manfaat Diet Keto untuk Penderita Diabetes
Manfaat Diet Keto untuk Penderita Diabetes (Foto: istock)

Jakarta: Artis Hollywood Halle Berry masih terlihat cantik di usianya yang tengah menginjak 51 tahun. Tapi, masih sedikit orang yang mengetahui bahwa ia telah berjuang dengan diabetes tipe 2 sejak dia berusia 22 tahun.

Halle Berry termasuk salah satu artis yang menjalani diet ketogenik. Menurutnya, diet ini dapat membantu memperbaiki gula darahnya. Dia juga percaya diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat tersebut bertanggung jawab untuk memperlambat proses penuaannya.

Benarkah diet keto dapat memperbaiki diabetes?

Karbohidrat diubah menjadi gula ketika dicerna, sehingga menjalankan diet tinggi lemak, rendah karbohidrat seperti keto, memaksa tubuh Anda untuk memecah lemak dan menghasilkan sumber energi alternatif yang dikenal sebagai keton.

Diet keto dianggap bermanfaat bagi penderita diabetes dengan meningkatkan kontrol glikemik (kadar gula darah) dan mengurangi kebutuhan insulin.

Pada diet keto, sudah hal biasa untuk meningkatkan trigliserida yang sangat membantu dalam mencegah penyakit jantung. Selain itu, dengan asupan protein dan lemak yang lebih tinggi membuat mereka yang menjalani diet keto kenyang lebih lama karena protein dan lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat.

Penelitian menemukan bahwa diet keto menurunkan gula darah dan mengurangi atau menghilangkan kebutuhan untuk obat diabetes pada sebagian besar penderita kelebihan berat badan dengan diabetes tipe 2. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar penelitian fokus pada diabetes tipe 2, bukan tipe 1.

Sementara itu, perlu juga untuk diingat bahwa ada beberapa risiko potensial yang harus diingat sebelum menjalani diet keto. Ketoasidosis diabetik adalah komplikasi serius yag dapat berpotensi fatal ketika penderita diabetes mulai memproduksi tingkat keton yang sangat tinggi.

Kondisi ini dipicu ketika tubuh tidak menerima cukup insulin untuk mengubah gula menjadi energi dengan baik sehingga masuk ke mode kelaparan dan mulai mengurai lemak untuk bahan bakar dengan cepat. Umumnya ini terjadi lebih tinggi pada penderita diabetes tipe 1.

Tidak dianjurkan untuk memotong asupan karbohidrat secara dramatis terutama jika Anda mengonsumsi obat diabetes atau insulin oral karena dapat sebabkan glukosa darah rendah.


 


(ELG)