Saat Insomnia, Sebaiknya Tetap Berbaring atau Melakukan Kegiatan Lain?

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 06 May 2018 09:24 WIB
insomnia
Saat Insomnia, Sebaiknya Tetap Berbaring atau Melakukan Kegiatan Lain?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Insomnia adalah gangguan tidur yang cukup sering dialami banyak orang. Jika sampai pukul 3 pagi masih terjaga, apa yang perlu dilakukan? Apakah tetap berbaring atau melakukan hal lain saja?

"Jika sudah 15 menit, beranjaklah dari tempat tidur," saran Natalie D. Dautovich, Ph.D., Asisten Profesor, Departemen Psikologi di Virginia Commonwealth University, dilansir dari Real Simple.

"Pilihan terbaik Anda adalah terlibat dalam aktivitas yang tenang dan tidak merangsang di ruangan lain (selain tempat tidur)," kata Dautovich.

Tetap berbaring untuk waktu yang lama di tempat tidur dapat berubah menjadi isyarat mental untuk terus terjaga dan semakin tak mampu untuk tidur. Akibatnya, gangguan tersebut semakin kronis.

Ia menyarankan, dalam ruang yang remang-remang, cobalah membaca, atau berlatih beberapa pernapasan atau mediasi sampai merasa cukup mengantuk untuk kembali ke tempat tidur.

Hindari hal-hal yang merangsang mental atau fisik seperti menonton TV, melakukan pekerjaan rumah tangga, membayar tagihan atau bekerja, terutama berhubungan dengan alat elektronik yang dapat membangunkan otak.

Jika insomnia terus terjadi, bicarakan dengan dokter atau spesialis tidur. Kemungkinan Anda akan diberikan obat-obatan, diminta mengubah gaya hidup tertentu, atau menjalani terapi perilaku kognitif atau alat bantu tidur.


Lihat video:




(DEV)