Hindari Makanan Ini Saat Sedang Diet

Yatin Suleha    •    Kamis, 29 Mar 2018 07:41 WIB
kesehatandiet
Hindari Makanan Ini Saat Sedang Diet
Membuat dan membeli smoothie merupakan dua hal yang berbeda. Ketika Anda membeli smoothie siap minum, biasanya berisi 600 - 1.000 kalori yang penuh dengan gula. (Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com)

Jakarta: Jika Anda sedang melakukan aneka macam kegiatan diet, ada baiknya Anda menjauhi beberapa makanan di bawah ini. Karena selain tinggi kalori, sodium, maupun gula ini bisa menyabotase diet Anda. Dan berakhir dengan kegagalan akibat timbangan yang tak kunjung turun.

Berikut makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sedang berdiet seperti dilansir dari Rd.com.

1. Makanan beku
Makanan beku, memang tidak butuh waktu lama untuk Anda santap. Namun, ada banyak sodium atau natrium dan bahan sintetis yang terkandung dalam makanan beku.

Ketika kita mengonsumsi natrium melebihi batas tubuh akan merasa haus. Ini juga bisa membuat Anda mencari lagi makanan manis dan berakhir dengan pemanbahan kalori. Makanan beku juga sering kurang mengandung serat. Jadi, ada baiknya Anda menggantinya dengan semangkuk buah atau sayur segar.

2. Smoothie
Membuat dan membeli smoothie merupakan dua hal yang berbeda. Ketika Anda membeli smoothie siap minum, biasanya berisi 600 - 1.000 kalori yang penuh dengan gula. Dan wanita yang sedang diet kira-kira butuh 1.200 - 1.400 kalori diet. Ini bisa langsung merusak diet sehat Anda.

(Baca juga: Inilah Diet Terbaik untuk Penderita Hipertensi)


(Jika Anda ingin membeli muffins siap saji saat sedang diet, ada baiknya menanyakan tentang kandungan kalorinya. Seperti dilansir dari Rd.com karena muffins siap saji yang dijual bisa terkandung 300 kalori dalam satu bungkus. Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

3. Veggie chips
Keripik yang terbuat dari sayur memang terlihat sehat. Namun, tidak secara otomatis ini menyehatkan karena veggie chips melalui proses panjang hingga kering. Sehingga, ada baiknya Anda langsung menyantap sayuran segar atau jika Anda ingin membuat veggie chips cukup mudah.

Caranya, hanya dengan memotong tipis zucchini, wortel, atau kale, taburi dengan minyak zaitun, lalu oven hingga kering. Ini bisa lebih sehat.

4. Muffins siap saji
Jika Anda ingin membeli muffins siap saji saat sedang diet, ada baiknya menanyakan tentang kandungan kalorinya. Ini karena muffins siap saji yang dijual bisa terkandung 300 kalori dalam satu bungkus, setara dengan krim isi pada donat. Banyak juga yang isinya ditambah butter, minyak, dan natrium atau sodium. Solusinya adalah, Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang sehat.

5. Microwave popcorn
Popcorn memang terbuat dari gandum. Namun popcorn siap jadi yang hanya tinggal memasukannya ke dalam microwave juga penuh dengan bahan buatan, ditambah natrium dan butter, ini merupakan tumpukan kalori. 

Jika Anda ingin memakan popcorn, Anda bisa membuat popcorn sendiri dengan teknik  air-popped popcorn. Biji popcorn yang Anda masukan ke dalam kantung kertas lalu masukan ke dalam microwave. Makan tanpa tambahan butter atau gula.







(TIN)