Efek Berhenti Mengonsumsi Alkohol pada Tubuh

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 29 Jun 2018 12:38 WIB
kesehatan
Efek Berhenti Mengonsumsi Alkohol pada Tubuh
Selain perubahan fisik, berhenti minuman beralkohol juga berdampak baik terhadap kesehatan mental. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)

Jakarta: Berhenti mengonsumsi alkohol akan ada berbagai dampak terhadap tubuh. Apa sajakah itu? Dilansir dari News, hal pertama yang akan terjadi ketika Anda memutuskan untuk berhenti yaitu dehidrasi. Sebab, alkohol membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak air.

"Jadi ketika Anda mulai mengurangi asupan, tingkat hidrasi Anda akan meningkat secara alami," kata ahli diet Chloe McLeod saat dikutip dari News.

McLeod menyebutkan, salah satu tanda dehidrasi saat mulai mengurangi asupan alkohol terlihat di wajah. "Dengan menghaluskan garis-garis halus. Serta terasa juga di bibir yang tadinya terasa kering," ungkap dia.

(Baca juga: Ini Penyebab Seseorang Kecanduan Alkohol)


(McLeod menyebutkan, salah satu tanda dehidrasi saat mulai mengurangi asupan alkohol terlihat di wajah. "Dengan menghaluskan garis-garis halus. Serta terasa juga di bibir yang tadinya terasa kering," ungkap dia. Foto: Michael Discenza/Unsplash.com)

Dampak lain yang dirasakan berhenti mengonsumsi alkohol adalah meningkatnya konsentrasi. Sehingga, Anda bisa lebih berkonsentrasi saat menyelesaikan tugas di kantor.

Selain itu, berat badan juga akan turun. Sebab, alkohol mengandung kalori yang cukup tinggi.

"Banyak orang mulai memerhatikan ukuran pinggang mereka mulai menyusut dan bahkan berpotensi menjatuhkan ukuran pakaian pada akhir bulan, sambil menunggu tentu saja berapa banyak alkohol yang dikonsumsi (sebelumnya)," sebut McLeod.

Selain perubahan fisik, berhenti minuman beralkohol juga berdampak baik terhadap kesehatan mental. Ini dikarenakan alkohol merupakan depresan.

"Dan sering memperburuk masalah kesehatan mental, menempatkan orang dalam keadaan pikiran yang lebih negatif daripada biasanya," ujar dia.




(TIN)