Efek Samping jika Memakai Masker Wajah Terlalu Lama

Raka Lestari    •    Selasa, 10 Apr 2018 11:53 WIB
kesehatan kulit
Efek Samping jika Memakai Masker Wajah Terlalu Lama
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menggunakan masker wajah sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Namun, berapa lama waktu yang paling efektif menggunakan masker wajah?

Masih banyak yang mengira bahwa semakin lama membiarkan masker menempel pada wajah, maka akan semakin baik pula manfaatnya. Faktanya tidak demikian. Semakin lama menempelkan masker pada wajah bisa membuat masker tersebut sulit dilepaskan sehingga akan membuat wajah menjadi merah. 

"Alasan mengapa masker wajah memiliki waktu lepas yang direkomendasikan tergantung pada bahan-bahannya," jelas Dr Natalia Spierings, konsultan dokter kulit terkemuka di Dermatica.

"Satu-satunya yang benar-benar relevan di sini adalah masker dengan kandungan asam di dalamnya sangat sensitif terhadap waktu karena jika dibiarkan terlalu lama dapat mengiritasi kulit."

Misalnya saja seperti asam salisilat, yang sering ditemukan dalam masker anti-blemish, asam glikolat, yang berguna untuk regenerasi kulit, dan asam hyaluronic, yang mungkin ada dalam masker pelembab. Dia juga mencatat bahwa clay mask dapat mengeringkan kulit jika dibiarkan terlalu lama.

"Jika masker mengandung zat iritan, seperti asam glikolat, ini dapat menyebabkan infeksi kulit yang menggangu," ujar Dr Daron Seukeran, Direktur Medis Grup untuk kelompok klinik perawatan kulit.

"Zat itu mungkin tidak mengiritasi dalam durasi pendek, tetapi jika dibiarkan terlalu lama di kulit itu dapat menyebabkan kemerahan, gatal, dan kulit kering." 

"Sebaiknya gunakan pelembab setelah memakai masker wajah, dan pastikan Anda tetap mengikuti aturan waktu penggunaan produk untuk menghindari masalah apa pun." katanya.

Anda tidak akan mendapatkan manfaat apapun dengan membiarkan masker wajah terlalu lama. Malah Anda akan membuat kulit Anda mengalami kerusakan jika melakukan hal tersebut. Gunakan timer agar Anda menggunakan masker wajah sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Lihat video:




(DEV)