Gentle C-Section, Metode Persalinan Operasi yang Mengutamakan Kenyamanan Ibu

Torie Natalova    •    Jumat, 16 Jun 2017 13:31 WIB
caesar
Gentle C-Section, Metode Persalinan Operasi yang Mengutamakan Kenyamanan Ibu
Kelahiran dengan gentle C-section secara teknis serupa dengan yang tradisional. Tetapi, dengan pencahayaan yang lembut atau menambahkan musik saat proses kelahiran. (Foto: Cosmopolitan.com)

Metrotvnws.com, New York: Rencana persalinan normal terkadang bisa menjadi berantakan akibat komplikasi sehingga Anda harus melahirkan bayi secara operasi caesar. 

Banyak wanita menginginkan persalinan yang normal dengan alasan ikatan yang lebih baik dan lebih sukses dalam menyusui setelah melahirkan dibanding dengan operasi.

Operasi caesar memang dilakukan untuk ibu yang memiliki masalah tertentu saat melahirkan. Posisi bayi, penyakit yang dapat memicu komplikasi atau alasan medis lain merupakan hal yang harus dilakukan dokter untuk menyelamatkan ibu dan bayinya.

Tetapi, para dokter terus berupaya untuk mengubah metode mereka agar para ibu yang melahirkan dengan operasi juga mendapatkan manfaat yang sama seperti persalinan normal. Di Amerika, metode ini dikenal gentle C-section atau natural C-section. Metode ini bukanlah hal baru dalam persalinan.



(Baca juga: Mengenal Metode Persalinan Gentle Birth)

Dokter kandungan dari Northern Westchester Hospital Mount Kisco New York Angelo Cumella mengatakan, penelitian baru di Jerman telah membicarakan tentang keunggulan teknik selama operasi tradisional.

Dengan operasi tradisional, perut dan rahim ibu dipotong terbuka dan bayinya dikeluarkan. 

Kotoran dalam perut diserap dengan kain khusus dan tentu saja ibu dalam keadaan dibius setengah yakni dimana ia tidak merasakan sakit dari bagian pinggang hingga kaki.

Setelah sayatan dibuat di perut, bayi baru dikeluarkan dari rahim dan dibersihkan saat ibu dijahit. Prosesnya dapat memperpanjang waktu antara kelahiran bayi dan pengenalan ibunya. 

Sementara itu, kelahiran dengan gentle C-section secara teknis serupa dengan yang tradisional. Tetapi, saat melakukan proses operasi, dokter akan memenuhi permintaan pasien untuk pencahayaan yang lembut atau menambahkan musik saat proses kelahiran selama keselamatan keduanya tidak terganggu. 

Selain itu, tirai yang dipakai untuk membatasi penglihatan ibu saat proses operasi dilakukan dibuat lebih rendah agar mereka merasa terliat dalam persalinan dan melihat bayi mereka keluar dari rahim. 

Anestesi atau obat bius menggunakan dosis khusus yang membuat ibu lebih nyaman untuk memeluk bayinya setelah lahir atau langsung menyusui di ruang operasi.






(TIN)