Hal Sepele yang Membuat Kulit Cepat Kering

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 26 Jul 2017 18:04 WIB
kesehatan
Hal Sepele yang Membuat Kulit Cepat Kering
(Foto: Reward Me)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanpa disadari, beberapa kebiasaan sepele dapat membuat kesehatan kulit memburuk. Kulit kering adalah salah satu dampak dari kelalaian menjaga kelembapan yang berasal dari dalam tubuh.

Selain paparan udara dingin dari pendingin dalam ruang dalam jangka waktu lama, terdapat beberapa hal lain yang dapat membuat komponen air dalam tubuh cepat menguap adan membuat kulit menjadi kekurangan cairan.

"Sering mandi adalah salah satunya, biasanya mereka yang kerja dilapangan mandi lebih dari dua kali sehari," ujar dokter spesialis kulit kelamin Dr dr Tjut Nurul Alam Jaxoeb, SpKK (K) dalam peluncuran Vaseline Repairing Jelly, Rabu (26/7/2017).

Selain pekerja lapangan, ibu rumah tangga biasanya juga memiliki kebiasaan mandi lebih dari dua kali sehari karena aktivitas yang padat, seperti memasak dan membersihkan rumah.

Umumnya, proses dimana lapisan kulit tumbuh dan mengelupas memakan waktu sekitar tiga minggu.

"Bila setiap lapisan kulit akan tumbuh sudah dibersihkan (dengan cara menggosok kulit misalnya), maka tak bisa tumbuh secara optimal," tambahnya.

Penyebab umum dari hilangnya lapisan kulit adalah adanya tekanan pada bagian tertentu. Salah satunya, yang paling umum adalah pemakaian sepatu yang terlalu ketat atau sering menggunakan sepatu hak tinggi.

"Penekanan pada bagian bawah kulit membuat lapisan kulit jadi hilang," katanya.

Selain itu, tak menggunakan alas kaki juga dapat menyebabkan lapisan kukit cepat rusak. Pasalnya, saat kulit bergesekan dengan keramik, maka akan timbul efek panas dimana kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kulit kaki bagian bawah menjadi pecah-pecah.

Hal tersebut juga berlaku pada tangan yang sering bersentuhan dengan bahan kimia yang terdapat pada detergen sehingga lapisan kukit pun cepat menghilang.




(DEV)