4 Manfaat Mengonsumsi Teh Hitam

Yatin Suleha    •    Senin, 17 Jul 2017 07:00 WIB
kesehatan
4 Manfaat Mengonsumsi Teh Hitam
Teh hitam adalah tannin yang bertindak sebagai astringent (zat pengkelat) untuk menghentikan pendarahan dari luka terbuka atau goresan. (Foto: Unsplash/Farrel Nobel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Teh hitam bukan hanya bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti kopi, namun juga baik bagi kesehatan Anda dari dalam maupun dari luar tubuh Anda.

Seperti dilansir dari laman Rd.com, beberapa manfaat dari teh hitam bisa Anda ketahui sebagai berikut:

(Baca juga: Manfaat Minum Teh Setiap Hari Bagi Penderita Diabetes)



1. Mempercepat penyembuhan luka goresan
Teh hitam adalah tannin yang bertindak sebagai astringent (zat pengkelat) untuk menghentikan pendarahan dari luka terbuka atau goresan. Perlahan tekan teh hitam dingin pada luka tersebut dan ini bisa mengurangi pembengkakan.



2. Dapat mengurangi bau kaki
Asam tannic yang banyak terdapat pada teh hitam bisa membunuh bakteri dan menutup pori-pori, dan ini bisa mengurangi kaki And yang berkeringat. Caranya mudah, cukup rebus dua kantong teh kemasan selama 15 menit, angkat lalu encerkan atau tambah teh tersebut dengan 2 1/4 gelas air. Campurkan lalu biarkan dingin. Lalu, rendam kaki Anda selama 15-30 menit setiap hari.



3. Meningkatkan kesehatan gusi
Teh hitam mengandung asam tannic astrigent yang bisa mengecilkan jaringan yang bengkak dan peredaran darah. Jika gusi Anda bengkak, tekan kantong teh hitam kemasan langsung ke gusi yang bengkak untuk menyembuhkan. 

Anda juga bisa menggunakan air teh sebagai cairan kumur untuk membantu menyehatkan gusi Anda. Namun, jika tak kunjung reda setelah beberapa hari, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.



4. Meringankan iritasi mata
Mata Anda kering dan juga gatal? Untuk mengatasinya, rendam dua kantong kemasan teh hitam dalam air panas selama 10 menit. Angkat, lalu tekan sisa air di kantong teh tersebut, dan letakkan di atas mata Anda. Lakukan hal ini untuk meredakan iritasi dan mengurangi peradangan.








(TIN)